Melancong ke Pantai Teduang Bangkep dengan Pesona Alam nan Cantik

Pantai Teduang
Pantai Teduang di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulteng. (Source: Dispar Kab. Banggai Kepulauan)

TURISIAN.com – Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) di Sulawesi Tengah menawarkan banyak destinasi wisata pantai yang memukau. Ada Pantai Teduang salah satu yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi.

Lokasi pantai ini terletak di Desa Ambelang, Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Berada tidak jauh dari pusat Kota Salakan sebagai ibu kota Kabupaten Bangkep. Cuma butuh waktu 15 menit untuk mencapainya. Posisinya tepat di pinggir jalan trans Banggai Kepulauan.

Pantai Teduang menyuguhkan keindahan pantai dengan arus yang sangat tenang dan airnya jernih. Karena letaknya di area teluk. Ada satu hal yang unik di sini, yaitu karang yang berbentuk “hati/love” dan kelopak “bunga” yang sengaja pengelola desain.

Sang pengelola merupakan mantan Kapolres Bangkep AKBP Eko Santoso yang sejak 2010 menyusun karang-karang tersebut. Karang berbentuk Love/hati ini sengaja ia buat untuk mengenang sang istri yang sudah pergi meninggalkannya. Rasa cintanya yang masih terpatri di lubuk hati, Eko ekspresikan lewat sebuah mahakarya tersebut.

Baca juga: Berkunjung ke Danau Tendetung Banggai Kepulauan yang Menawan

Kini mahakarya itu pun menjadi salah satu daya tarik dan spot fotografi terbaik di Pantai Teduang Banggai Kepulauan. Tak jarang anak-anak muda maupun komunitas di Bangkep, selalu mengabadikan swafoto dengan latar karang love tersebut. Hingga membuat pantai ini terkenal dengan sebutan Pantai Cinta yang pengunjungnya mayoritas para remaja.

Ketika liburan di tempat ini, Sobat Turisian tak hanya berwisata foto atau sekadar menikmati keindahan alam. Namun kalian pun bisa menjajal sejumlah olahraga air dan aktivitas wisata lainnya. Seperti snorkeling, diving, hingga berkeliling dengan kano.

Fasilitas Penunjang Wisata Pantai Teduang

Selanjutnya tidak jauh dari bibir pantai, terdapat gubuk atau gazebo yang berdiri kokoh. Bangunan tersebut bisa Sobat Turisian manfaatkan sebagai tempat istirahat saat selesai berenang. Banyak juga yang menjadikannya sebagai spot selfie untuk menambah koleksi di media sosial.

Nah yang tertarik bermalam di sini, Sobat Turisian bisa menginap di bungalow yang pengelola sediakan. Enaknya lagi, harga sewanya sangat terjangkau. Di luar itu ada fasilitas tempat bilas, area parkir, toilet.

Baca juga: Danau Paisu Pok Banggai Kepulauan yang Unik dengan Air Sangat Bening

Sayangnya, belum ada pedagang yang menjajakan makanan di kawasan wisata ini. Jadi jika ke Pantai Teduang, kalian wajib membawa makanan sendiri jika ingin berlama-lama di sana.*

 

Pos terkait