Segarnya Berenang di Air Biru Danau Maobu Buton yang Cantik

Danau Maobu
Danau Maobu di Buton Tengah, Sultra. (Source: Dispar Buton Tengah)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang bosan liburan di perkotaan dengan wisata kekiniannya, bisa coba lari ke Pulau Buton. Di sini banyak sekali wisata alam yang masih asri dan alami, bahkan jauh dari keramaian. Salah satunya ada Danau Maobu dengan air birunya yang cantik.

Maobu termasuk jenis danau karst karena memang Pulau Buton ini merupakan salah satu kawasan karst yang besar. Sifat karst yang bagaikan spons menyaring air, menjadikan daerah ini banyak menyimpan permandian alam yang jernih seperti danau tersebut.

Danau Maobu terbentuk dari pelapukan bebatuan karst. Bagai sebuah kolam alami, dengan sumber air di bawah permukaan. Kemudian dapat menjadi kering karena mengalir ke lubang-lubang dangkal yang berada di bawah permukaan air danau, umumnya tembus hingga ke laut. Oleh karena itu, tak heran jika air di danau ini berasa payau.

Begitu tiba di tempat ini, Sobat Turisian akan terkagum-kagum dengan kolam alami dengan air jernih berwarna biru tosca. Kesan segarnya sungguh menghipnotis dan seolah memanggil untuk menceburkan diri. Di beberapa bagian yang dalam, airnya tampak berwarna biru gelap.

Makin indah lagi dengan latar kolam yang terdapat berapa stalagtit dan stalagmit menghias dinding bebatuan. Selain terkesan mistis, konturnya agak menantang. Sangat cocok bagi Sobat Turisian yang ingin menguji adrenalin di Danau Maobu ini.

Baca juga: Pantai Wantopi Surga Bahari di Buton Tengah Sulawesi Tenggara

Di kolam ini Sobat Turisian bisa berenang, namun airnya sangat dingin. Kalian juga dapat mencoba sensasi loncat dari bagian daratan tertinggi untuk terjun ke danau mungil ini.

Tak perlu khawatir, kedalamannya berkisar 5-7 meter, sehingga aman untuk melakukan lompatan. Diameter Danau Maobu berkisar antara 30 meter lebih, jadi kalian bisa leluasa untuk berenang.

Selain keindahan danau karst ini, di beberapa spot sekitar lokasi terdapat panorama yang cocok untuk berswafoto. Walau di pinggiran jalan, kawasan ini masih begitu alami.

Tampak beberapa pepohonan dan gazebo yang menambah cantik dan asrinya. Fasilitas penunjang pun sudah cukup memadai, seperti musala, toilet, area parkir, dan lainnya.

Lokasi & Rute Ke Danau Maobu Buton Tengah

Objek wisata ini berlokasi di Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Letaknya berada di pinggiran jalan poros Labuangkari – Mawasangka, sehingga Sobat Turisian mudah mencapainya.

Baca juga: Kande Tompa, Tradisi Unik di Buton Sebagai Ajang Mencari Jodoh

Rute menuju ke Danau Maobu, Sobat Turisian bisa berangkat dari pusat kota Kabupaten Buton Tengah. Jaraknya hanya sekitar 50 km atau sekitar 1,5 jam waktu tempuh. Perjalanannya bisa melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.*

 

Pos terkait