Ada Ongkos Gratis untuk Pembelian Produk UMKM Daerah Ini

Produk UMKM
Pedagang souvenir di Kawah Ijen, Banyuwangi sedang menjajakan produk UMKM. Foto: iStock

TURISIAN.com –  Bagi kalian yang ingin membeli produk UMKM daerah Banyuwangi, Jawa Tengah ada ongkos gratis lho. Tentu, ini memberikan keuntungan tersendiri karena bisa menekan cost tambahan.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus menggeber program bebas ongkos kirim atau “Ongkir Gratis” ke seluruh wilayah Indonesia.

Kebijakan tersebut berlaku bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui PT Pos Indonesia.

“Kami menerima banyak masukan dari pelaku UMKM agar program ini terus dilanjutkan. Alasannya, karena bisa mengurangi harga ongkos kirim yang sebelumnya dibebankan kepada konsumen,” ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Kamis 1 September 2022.

BACA JUGA: Banyuwangi Art Week, Tumbuhkan Pemulihan Ekonomi Berbasis UMKM

Menurut dia, nantinya produk-produk UMKM Banyuwangi akan lebih berdaya saing dan lebih mendapat perhatian karena lebih murah, dengan biaya pengirimannya gratis ke seluruh Indonesia.

Mekanimes Pembelian Produk UMKM Banyuwangi

Mekanisme program ini,  kata dia, yakni ketika UMKM Banyuwangi mendapat pesanan dari luar kota, bisa membawa produknya ke Kantor Pos seluruh Banyuwangi.

Kemudian, lanjut Ipuk, UMKM cukup menunjukkan KTP dan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan akan dilayani pengirimannya secara gratis.

BACA JUGA: Borong Produk UMKM, Menteri Sandiaga juga BeliinGubernur Tas Kulit

“Semuanya gratis, kirim ke seluruh Indonesia. Ini adalah upaya gotong royong Pemkab Banyuwangi membantu pemulihan ekonomi. Membuat produk usaha mikro-kecil bisa semakin laris,” kata Ipuk.

“Ayo usaha mikro-kecil gencar berpromosi di media sosialnya, lewat WhatsApp, marketplace, dan sebagainya. Nanti kirim barangnya kami yang tanggung biayanya. Bisa dicantumkan di materi promosi UMKM, gratis ongkir,” tamnbahnya.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Banyuwangi, Trian Nugroho mengatakan saat ini telah banyak pelaku usaha kecil yang memanfaatkan program tersebut.

“Pelaku usaha mikro silakan datang langsung ke kantor pos saat akan mengirim paketnya. Bisa ke kantor pos yang ada di mana saja di Banyuwangi, nanti tinggal tunjukkan KTP dan NIB,” kata Trian. ***

Pos terkait