Air Terjun Tetewa, Surga Tersembunyi di Kolaka Timur yang Luar Biasa

Air Terjun Tetewa
Air Terjun Tetewa di Kabupaten Kolaka Timur, Sultra. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Jika Sobat Turisian mencari objek wisata alam yang tak biasa namun luar biasa, wajib datang ke Sulawesi Tenggara (Sultra). Di sana banyak tersimpan surga-surga alam yang masih tersembunyi dan masih alami. Salah satunya ada Air Terjun Tetewa di Kabupaten Kolaka Timur.

Meski letaknya tersembunyi, air terjun yang satu ini sangat memesona. Bakal membuat terpana, siapa pun yang melihatnya dari dekat. Suasananya pun sangat asri dan masih sepi pengunjung. Sehingga sangat nikmat buat merelaksasi tubuh dan pikiran, sekaligus melepas kepenatan.

Air Terjun Tetewa Kolaka Timur tersebut juga tampil unik dan menarik. Sebab berbeda dengan air terjun pada umumnya. Meski ketinggiannya hanya kurang lebih 3 meter, tapi aliran air terjunnya berderet banyak dan langsung meluncur ke aliran sungai.

Sobat Turisian pun bisa menikmati pesona air terjun ini di dua musim, baik musim hujan maupun panas/kemarau. Dengan daya tarik yang berbeda, saat musim panas akan tampak puluhan aliran air terjun. Sedangkan ketika memasuki musim hujan, jumlah aliran air terjunnya bisa sampai ratusan jumlahnya. Airnya akan keluar melalui celah-celah bebatuan cadas di lereng dan juga jatuh secara langsung ke dalam aliran sungai yang utama.

Baca juga: Terpukau Keindahan Alam TN Rawa Aopa Watumohai Sultra

Pada musim hujan, lokasi Air Terjun Tetewa akan sangat cocok sebagai jalur untuk olahraga arung jeram yang cukup menantang. Ketika pagi hari pemandangannya akan sangat asri, berkabut, dan terasa dingin.

Tak hanya itu, di sini pun Sobat Turisian bisa puas melakukan banyak hal menyenangkan. Mulai dari foto-foto cantik berlatar air terjun, berenang di sungai, hingga bermain di bawah aliran air terjun tersebut. Kalian juga bisa menghirup udara yang segar dan sejuk membuat badan akan fresh kembali.

Lokasi & Akses ke Air Terjun Tetewa

Objek wisata alam tersebut terletak di wilayah Desa Alaha, Kecamatan Ueesi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian akan melakukan perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 70 km dari puast kota Kolaka Timur.

Baca juga: Pesona Danau Biru Kolaka yang Memikat Mata

Sayangnya, akses jalan yang ada masih terbilang sulit untuk Sobat Turisian lalui dan cukup menguras stamina karena jaraknya yang jauh. Namun meski begitu, rasa lelah dalam perjalanan akan seketika hilang oleh pesona keindahan Air Terjun Tetewa yang memanjakan mata.*

 

Pos terkait