Menelusuri Jejak Budaya Jawa Kuna di Candi Songgoriti Kota Batu

Candi Songgoriti
Candi Songgoriti, Kota Batu, Jatim.

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang suka dengan wisata sejarah dan budaya, menarik untuk coba menelusuri jejak Jawa Kuna di tanah Jawa Timur. Ada salah satu peninggalan budaya tersebut yang patut kalian datangi, yaitu Candi Songgoriti di Kota Batu.

Candi peninggalan masa Jawa Kuna ini, secara geografis terletak di lembah Gunung Banyak yang berada di ketinggian sekitar 900 mdpl. Karena itu, daerah tersebut menyuguhkan udara yang cukup sejuk dan sangat cocok sebagai tempat peristirahatan.

Perkiraan para ahli, Candi Songgoriti berasal dari abad 9 M. Hal tersebut berdasarkan penelitian sisi arsitektur dan inskripsi-inskripsi pendek yang pernah para ahli temukan di lokasi tersebut.

Dari sisi arsitektur, bangunannya mirip dengan candi-candi pada masa Jawa Tengah. Bentuk tubuhnya cenderung tambun dan mempunyai langgam hias Jawa Tengah. Yaitu pada sisi luar dinding tampak pengapit relung berhiaskan dewa-dewi, seperti pada model candi masa Jawa Tengah.

Baca juga: Taman Langit Gunung Banyak Kota Batu Ditetapkan Sebagai Shelter Tourism

Kemudian dari sisa bangunan Candi Songgoriti yang masih ada hingga saat ini, terdapat relung-relung sebagai tempat arca. Perkiraan, relung sebelah barat merupakan tempat Arca Ganesha. Relung sebelah utara tempat Arca Durga. Sedangkan relung sebelah selatan tempat Arca Agastya.

Semua relung tersebut sesuai dengan konsep Candi Hindu pada umumnya. Oleh karena itu, candi ini bersifat Hindu Siwaistik. Ukuran candinya pun tidak begitu luas, hanya sekitar 14 m². Demikian pula pada bilik tengah, cuma memuat sebuah arca hingga tidak mungkin manusia bisa masuk.

Uniknya lagi, pada bagian bawah ruang induk Candi Songgoriti menjadi sumber air panas. Sumber air belerang tersebut berasal dari sungai bawah tanah yang dugaannya bersumber dari mata air di Gunung Welirang.

Atraksi Budaya di Candi Songgoriti

Situs candi ini pun sudah tercatat sebagai Cagar Budaya Tingkat Nasional oleh BPCB Jawa Timur. Kini keberadaannya menjadi pusat kegiatan seni budaya. Banyak sekali pergelaran budaya dan upacara adat Jawa berlangsung di tempat ini. Menariknya lagi, masuk ke sini Sobat Turisian tidak usah bayar.

Baca juga: Menyambangi Candi Singosari Malang yang Berdiri Kokoh Hingga Kini

Ada sejumlah atraksi budaya yang bisa Sobat Turisian saksikan di Candi Songgoriti jika momennya pas. Di antaranya Jenang Suro pada Bulan Syura; Tumpengan Bersih Desa pada acara selamatan desa Kel. Songgokerto; Jamasan Pusaka pada Bulan Syura; Ruwatan; Sidikoro saat bulan purnama; Puja Agung pada malam Anggara Kasih. Serta Kirab Budaya Banteng Suroan yang berlangsung bersamaan dengan selamatan desa.*

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Jatim

Pos terkait