Menyambangi Candi Singosari Malang yang Berdiri Kokoh Hingga Kini

Candi Singosari
Candi Singosari, Kab Malang, Jatim. (Source: Disbudpar Jatim)

TURISIAN.com – Kalau lagi jalan-jalan ke Kabupaten Malang, Sobat Turisian bisa menyambangi situs cagar budaya Candi Singosari (Singasari) yang masih berdiri kokoh. Sebuah candi tertinggi pada masanya daripada candi lain di sekelilingnya.

Objek cagar budaya yang satu ini bercorak Hindu-Buddha dan merupakan peninggalan bersejarah Kerajaan Singosari. Kompleks candi juga merupakan tempat “pendharmaan” bagi Raja Singasari terakhir, Sang Kertanegara, yang wafat pada tahun 1292.

Candi Singosari berdiri bersamaan dengan waktu berlangsungnya Upacara Sraddha. Sebuah upacara untuk memperingati 12 tahun sesudah raja wafat. Tepatnya pada tahun 1304 M, masa pemerintahan Raden Wijaya, Raja Majapahit I.

Kemudian terkait waktu tepat pendirian candi yang satu ini masih belum ada catatan pasti. Namun para ahli purbakala memperkirakan candi tersebut pembangunannya sekitar tahun 1300 M. Sebagai persembahan untuk menghormati Raja Kertanegara dari Singasari.

Setidaknya ada dua candi di Jawa Timur yang berdiri untuk menghormati Raja Kertanegara, yaitu Candi Jawi dan Candi Singosari. Sebagaimana halnya kedua candi tersebut juga merupakan Candi Syiwa. Hal ini terlihat dari adanya beberapa Arca Syiwa di halamannya.

Bangunan Candi Singosari

Bangunan candi yang terletak di tengah halaman ini mempunyai tubuh yang berdiri di atas batur kaki setinggi sekitar 1,5 m. Bagian ini tanpa hiasan atau relief pada kaki candi.

Baca juga: Coban Glotak, Hidden Gem Wisata Air Terjun Kabupaten Malang

Sobat Turisian juga akan melihat tangga naik ke selasar di kaki candi yang tidak terapit oleh pipi tangga dengan hiasan makara. Jadi tangga Candi Singosari cukup berbeda dengan candi-candi lain.

Lalu untuk pintu masuk ke ruangan di tengah tubuh candi menghadap ke selatan. Terletak pada sisi depan bilik penampil (bilik kecil yang menjorok ke depan). Pintu masuk ini terlihat sederhana tanpa bingkai berhiaskan pahatan.

Di atas ambang pintu terdapat pahatan kepala Kala yang juga sangat sederhana pahatannya. Adanya beberapa pahatan dan relief yang sangat sederhana itu, memunculkan dugaan bahwa pembangunan Candi Singosari belum sepenuhnya terselesaikan.

Sepintas bangunan candi di Kabupaten Malang ini tampak seolah bersusun dua. Karena bagian bawah atap candi berbentuk persegi, menyerupai ruangan kecil dengan relung di masing-masing sisi.

Lokasi Candi Singosari

Destinasi wisata budaya tersebut terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 9 km dari kota Malang ke arah Surabaya atau sekira 300 meter dari Kecamatan Singosari.

Baca juga: Terpukau dengan Keindahan Pantai Sendang Biru Malang

Kalau Sobat Turisian mengaksesnya dari ibu kota Kabupaten Malang, dapat menempuhnya sejauh kurang lebih 10 km ke arah utara. Sedangkan dari arah Surabaya kurang lebih berjarak 88 km ke arah selatan. Kalian dapat berangkat ke Candi Singosari dengan kendaraan mobil pribadi sewaan.*

 

Pos terkait