Terpukau Keindahan Alam TN Rawa Aopa Watumohai Sultra

TN Rawa Aopa Watumohai
TN Rawa Aopa Watumohai Sultra. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Kalau ingin berlibur dengan suasana berbeda yang menyajikan alam terbuka dan ekosistem yang terjaga, Sobat Turisian bisa mengunjungi Taman Nasional (TN) Rawa Aopa Watumohai. Letaknya berada di empat wilayah kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Taman nasional yang satu ini merupakan cagar alam yang terlindungi ekosistem. Di dalamnya ada hutan tropis, hutan bakau, sabana, dan hutan rawa air tawar. Sebagian besar areanya terdiri dari lahan basah. Taman nasional ini pun memiliki peran penting untuk menjaga kelestarian alam di bumi.

Selain ekosistem hutan dan flora, di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Sobat Turisian bisa bertemu beragam fauna. Kawasan ini menjadi tempat perlindungan satwa langka dan endemik.

Tercatat di taman nasional ini ada 155 jenis burung, 37 di antaranya jenis burung endemik dan 32 jenis burung langka. Terdapat pula satwa lainnya, seperti babi rusa, anoa, buaya muara, musang Sulawesi, rusa. Serta beberapa jenis primata seperti monyet hitam dan tangkasi berada di kawasan ini.

Sementara untuk flora, di sini memiliki 323 spesies tanaman karena ekosistemnya yang bermacam-macam.  Tumbuhan yang tumbuh di Gunung Watumohai ini memiliki berbagai jenis dari pohon rotan hingga liana.

Baca juga: Wisata Budaya ke Kampung Adat Wapulaka di Sulawesi Tenggara

Berkat suguhan keragaman hayati tersebut, bakal membuat Sobat Turisian betah berlama-lama di objek wisata Sultra ini. Apalagi suasana alam di  TN Rawa Aopa Watumohai masih sangat asri dan tidak tersentuh hal-hal modern. Sangat cocok buat tempat healing atau relaksasi melepas kepenatan.

Pesona Alam Taman Nasional

Rawa Aopa Watumohai juga menyajikan keindahan alam yang sangat aduhai, sungguh memanjakan mata. Membuat Sobat Turisian betah untuk mengeksplorasi kawasan tersebut. Tempat ini juga bisa menjadi sarana belajar tentang keragaman hayati di Indonesia.

Daya tarik lain dari destinasi wisata alam ini, berupa padang sabana yang luas. Tentunya Sobat Turisian tidak mau ketinggalan untuk pemandangan yang satu ini. Kalau sudah lelah berkeliling bisa beristirahat di shelter, tidak lupa dengan suguhan pemandangan melalui menara pandang.

Tak sampai di situ, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai juga memiliki Muara Lanowulu. Sekelilingnya tumbuh hutan bakau dengan lebat. Sobat Turisian juga bisa menjelajahi muara tersebut dengan perahu motor. Jangan lupa mampir juga ke pulau di tengah rawa yang terkenal dengan sebutan Pulau Harapan II.

Lokasi TN Rawa Aopa Watumohai

Letak taman nasional ini berada di empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Bombana, Konawe Selatan, Konawe, dan Kabupaten Kolaka Timur. Dengan luas wilayah mencapai 1.050 km² dan ketinggian taman yang bermacam-macam di ketinggian 981 mdpl.

Baca juga: Pantai Mutiara Buton Tengah Suguhkan Pasir Putih Lembut dan Air Laut Bening

Supaya Sobat Turisian dapat melihat keindahan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, harus terlebih dahulu mendapatkan izin masuk dari pengelola. Caranya dengan datang ke Balai TN yang terletak di Jalan Poros Bombana No. 157 Lanowulu, Tinanggea, Konawe Selatan.

Pos terkait