Event Internasional WIES 2023 Berlangsung di Sumbar, Ini Jadwalnya

WIES 2023
Menparekraf Sandiaga Uno memukul gendang, menandai diluncurkan event WIES 2023. Foto: Dok.Kemenparekraf

TURISIAN.com – Event berskala nasional WIES 2023 atau World Islamic Entrepreneur Summit akan berlangsung di Sumatera Barat.

Dipilihnya, untuk pelaksanaan WIES 2023 yang akan dihadiri perwakilan dari berbagai dunia itu akan digelar pada 6-8 September mendatang.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy percaya bahwa gelaran gendang menandai peluncuruan ini akan memacu pertumbuhan pariwisata dan ekonomi pascapandemi COVID-19.

“Dengan adanya event WIES, terutama untuk Sumatera Barat, pasti dapat multiplier effect. Pertama, pariwisata kita akan bertumbuh Nanti ekonomi Sumatera Barat bertumbuh dan tentu Indonesia juga,” kata Audy baru-baru ini.

BACA JUGA: Pulau Sanding Sumbar Tawarkan Keindahan Alam dan Berbagai Aktivitas Seru

Selain itu, Audy juga yakin bahwa acara tersebut dapat menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Luhur Budianda mengemukakan, WIES 2023 merupakan obat kerinduan bagi orang-orang Minang.

Khususnya, terhadap acara berskala internasional yang telah lama tidak digelar akibat pandemi COVID-19.

Ia pun mengatakan bahwa dalam WIES 2023, pihaknya berencana memprioritaskan menaikkan promosi pariwisata Bukittinggi dan Tanah Datar.

BACA JUGA: Lassy Dairy Farm, Objek Wisata Peternakan yang lagi Hits di Sumbar

Tanah Datar

“Jadi yang kita sasar adalah Bukittinggi karena sudah menjadi ikon kita di Sumatera Barat, kemudian Tanah Datar,” paparnya.

“Nanti akan kita bagi beberapa wilayah. Ada yang entrepreneur-nya nanti di Bukittinggi, kemudian women entrepreneur-nya di Tanah Datar, kemudian pusat acaranya di Kota Padang,” sambung Luhur.

Ia menambahkan, acara tersebut dapat mengikat kolaborasi dari seluruh unsur pentahelix wisata serta masyarakat Sumatera Barat.

WIES 2023 merupakan sebuah forum tempat berkumpulnya para pelaku usaha muslim baik nasional maupun internasional.

BACA JUGA: Wali Nagari Koto Malintang Jadikan Pohon Raksasa Destinasi Wisata Baru

Setidaknya, akan ada delapan kepala negara yang hadir dalam acara tersebut.

Mengenai dipilihnya Sumatera Barat sebagai tuan rumah WIES 2023, Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf Masruroh punya alasan sendiri.

Menurutnya, Sumbar  memiliki berbagai potensi mulai dari infrastruktur hingga transportasi yang memadai.

BACA JUGA: Parade Budaya Gebogan, Gebyar Event Budaya Menyambut Tahun Baru

“Dari sisi infrastruktur, akomodasi, kemudian transportasi sudah memadai sebagai destinasi MICE (meetings, incentive, conventions, and exhibitions),” kata Masruroh.

Ia menambahkan, kolaborasi serta komitmen yang tinggi dari pemerintah provinsi, industri, hingga para pelaku MICE sangat penting.

Dengan demikian, acara tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang besar seluas-luasnya kepada masyarakat, lapangan kerja, pariwisata, dan ekonomi kreatif. ***

Pos terkait