Pulau Sanding Sumbar Tawarkan Keindahan Alam dan Berbagai Aktivitas Seru

Pulau Sanding
Pulau Sanding di Kepulauan Mentawai, Sumbar. (Source: Dispar Sumbar)

TURISIAN.com – Kabupaten Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat menyimpan banyak objek wisata bahari yang memesona. Salah satu yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi yakni Pulau Sanding, yang menawarkan keindahan alam dan berbagai aktivitas wisata yang seru.

Pulau kecil yang berada di perairan Samudera Hindia tersebut memiliki keindahan alam yang menarik. Berupa pantai berpasir putih, air laut yang jernih, serta alam bawah laut yang memukau. Sehingga banyak aktivitas wisata yang bisa Sobat Turisian lakukan.

Ada berbagai aktivitas wisata di Pulau Sanding yang menarik, di antaranya snorkeling, berenang, berjemur di pantai, berjalan-jalan di sekitar pulau, dan menikmati keindahan sunset. Selain itu, kalian juga bisa mancicipi kelezatan aneka kuliner seafood khas Sumatera Barat di beberapa restoran sekitar pulau.

Kalau Sobat Turisian senang dengan keindahan alam bawah laut, bisa memilih snorkeling di pulau ini. Tak usah khawatir soal peralatannya, karena di sini sudah tersedia penyewaan alat snorkeling di sekitar pantai. Dapat pula berenang di air laut yang jernih dan bersih.

Baca juga: Lassy Dairy Farm, Objek Wisata Peternakan yang lagi Hits di Sumbar

Bagi kalian yang malas basah-basahan di air, bisa memilih berjalan-jalan di sekitar Pulau Sanding untuk menikmati keindahannya. Kemudian di kala sore hari jangan lewatkan momen sunset yang eksotis. BIar lebih nikmat, lengkapi dengan sajian beragam makanan bogabahari khas Sumbar.

Kawasan ini juga memiliki ombak surfing terbaik. Selain itu juga menjadi tempat persinggahan para nelayan yang ingin mencari ikan. Di mana mereka bisa satu minggu menginap di pulau tersebut. Lalu berganti lagi dengan rombongan berikutnya.

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Sanding

Destinasi wisata tersebut terletak di Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pulau terujung dari Kepulauan Mentawai ini berjarak 280 km dari Kota Padang, 111 km dari Muko-muko Bengkulu Utara, serta 197 km dari Tuapejat.

Baca juga: Museum Sawahlunto, Tempat Wisata Sejarah Kereta Api di Sumatera Barat

Sobat Turisian bisa menjangkaunya dengan menggunakan kapal sewaan dari Pelabuhan Teluk Bayur, Padang. Perjalanan dari Pelabuhan Teluk Bayur ke Pulau Sanding tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 20 sampai 30 menit. Semua itu tergantung pada kondisi cuaca dan gelombang laut.*

 

 

Pos terkait