Berkunjung ke Gunung Srandil, Wisata Spiritual Populer di Cilacap

Gunung Srandil
Gunung Srandil di Kabupaten Cilacap, Jateng. (Source: Disporapar Kab. Cilacap)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang gemar wisata religi atau spiritual, mesti coba berkunjung ke Gunung Srandil. Salah satu destinasi wisata religi yang cukup populer di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kawasan perbukitan tersebut terletak di Glempang Pasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Cilacap ke arah timur laut. Sobat Turisian pun relatif mudah mencapainya dengan kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil.

Destinasi wisata Gunung Srandil ini, pada dasarnya merupakan sebuah bukit kecil yang penuh pepohonan. Di dalam area tersebut terdapat beberapa petilasan yang terkadang ramai peziaran kunjungi. Kemudian di sebelah selatannya terdapat Pantai Srandil yang menarik buat Sobat Turisian datangi.

Hampir setiap hari tempat tersebut ramai pengunjung untuk berziarah. Bukan hanya dari daerah Cilacap dan sekitarnya, tapi juga datang dari luar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan, Bali. dan Sulawesi. Mereka berkunjung ke tempat ini dengan bermacam-macam tujuan.

Biasanya, para peziarah berkunjung atau bertapa di Gunung Srandil pada Malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon pada Bulan Syura. Konon menurut cerita masyarakat sekitarnya, penghuni pertama area ini adalah Sultan Mukhriti, putra kedua dari Dewi Sari Banon yang merupakan Ratu Sumenep Jawa Timur.

Baca juga: Curug Mandala, Hidden Gem Air Terjun di Cilacap yang Wajib Dikunjungi

Kala itu, kedatangan Sultan Mukhriti ke sini untuk bertapa, namun ia justru murca (menghilang). Kini yang tinggal hanya petilasannya yang terletak di sebelah timur. Terkenal dengan sebutan Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.

Masih ada lagi petilasan-petilasan lain di Gunung Srandil yang bisa Sobat Turisian lihat langsung. Di antaranya petilasan Mbah Kanjeng Gusti Agung, Nyai Dewi Tanjung Sekarsari, Kaki Semar Tunggul Sabdojati Dayo amongrogo. Lalu ada Juragan Dampo Awang dan Petilasan Langlang Buwana yang berada di atas bukit, serta petilasan Hyang Sukma Sejati.

Rute Menuju Gunung Srandil

Untuk menuju objek wisata religi tersebut, Sobat Turisian bisa menggunakan transportasi darat, seperti kendaraan bermotor, kereta api, ataupun bus umum AKAP. Kalau naik kereta api, bisa turun di Stasiun Kroya. Lalu naik angkutan desa ataupun ojek menuju lokasi.

Kalau Sobat Turisian memakai kendaraan pribadi atau rombongan sendiri, bisa melalui rute ke Purwokerto, Banyumas ke arah timur menuju Sokaraja. Lanjut lagi ke arah selatan Banyumas menuju kota Kroya. Dari situ teruskan ke arah selatan menuju Gunung Srandil.

Nah kalau kalian pilih naik bus umum Antar Kota dan berangkat dari Jakarta, bisa turun di Terminal Purwokerto. Selanjutnya naik bus ukuran sedang jurusan kota Kroya. Dari Kroya tinggal naik angkutan desa ataupun ojek menuju tempat tersebut.

Baca juga: Berburu Foto Instagenic nan Eksotik di Gunung Selok Cilacap

Sedangkan kalau naik bus umum dari Yogyakarta, Sobat Turisian bisa turun di perempatan Desa Buntu, Kabupaten Banyumas. Dari situ lanjutkan perjalana menuju arah selatan ke kota Kroya. Setelah itu, bisa naik angkutan desa ataupun ojek menuju Gunung Srandil.*

 

 

Pos terkait