Berburu Foto Instagenic nan Eksotik di Gunung Selok Cilacap

Gunung Selok Cilacap
View yang indah di Gunung Selok Cilacap. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang sedang berlibur di wilayah Cilacap atau Banyumas, Jawa Tengah, bisa sekalian mampir ke destinasi wisata Gunung Selok Cilacap. Tempatnya asyik buat berburu foto-foto instagenic dengan latar alam yang eksotik.

Lokasi Gunung Selok terletak di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Akses menuju ke tempat wisata ini juga terbilang sangat mudah.

Objek wisata alam ini berada di kawasan hutan yang pengelolaannya oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur. Luas kawasannya mencapai 236,7 hektare dengan ketinggian bukit kurang lebih 150 mdpl.

Berwisata ke Gunung Selok, Sobat Turisian akan nyaman dan betah karena tempatnya mengasyikan serta unik. Objek wisata ini menyajikan perpaduan keindahan alam berupa hutan, bukit, goa-goa alam, pantai laut selatan, hingga benteng peninggalan Jepang yang konon ada 25 bangunan.

Dari puncak bukit di Cilacap ini, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan panorama alam yang memesona. Tampak lanskap alam persawahan, deretan pohon cemara, hingga Pantai Sodong yang berada tepat di sebelah selatan bukit ini.

Spot Foto & Wisata Religi di Gunnung Selok

Sobat Turisian juga bisa memuaskan diri berswafoto ria di sejumlah spot foto yang telah tersedia. Dengan latar alam yang memesona, jamin deh hasil fotonya akan cantik dan ciamik. Beberapa spot foto yang tersedia di Gunung Selok, di antaranya selfie deck, balon udara, dan rumah pohon.

Bukan hanya menarik sebagai destinasi wisata alam, Gunung Selok ini juga terkenal dengan wisata religinya. Di puncak gunung ini, Sobat Turisian bisa menemukan sebuah kuil yang bernama Padepokan Sang Hyang Jati.

Baca juga: Mencoba Kelezatan Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap

Kuil tersebut berfungsi sebagai tempat beribadah penganut agama Buddha. Selain kuil, ada pula beberapa petilasan yang menjadi spot untuk bersemedi. Petilasan tersebut yaitu petilasan Jambe Lima dan Jambe Pitu.

Tiket Masuk & Jam Buka Gunung Selok 

Karena letak Gunung Selok Cilacap ini berada di kawasan KPH Perhutani Banyumas-Cilacap, maka Sobat Turisian harus membayar dua tiket masuk. Pertama, tiket masuk objek wisata sebesar Rp5000 per orang.

Kedua, tiket masuk kawasan KPH sebesar Rp8000 untuk kendaraan roda dua dan kisaran Rp10 ribu-Rp15 ribu untuk kendaraan roda empat. Harga ini sudah termasuk tiket parkir dan tiket memasuki kawasan KPH Perhutani Banyumas-Cilacap.

Tempat wisata alam Cilacap ini buka setiap hari, mulai dari  pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Fasilitas penunjang wisata juga sudah memadai, di antaranya musala, rest area, kamar mandi, tempat parkir, warung makan, dan lain-lain.

Rute Menuju Wisata Gunung Selok

Rute menuju Gunung Selok Cilacap yang berada di Kecamatan Adipala ini, bisa Sobat Turisian akses dari pusat kota Cilacap. Dengan mengikuti jalur menuju arah Jalan Perintis Kemerdekaan lalu lurus.

Jika sudah sampai di pertigaan SPBU Cantelan, lanjut belok kanan menuju Jalan Ahmad Yani Adipala. Kemudian lurus terus mengikuti jalan utama sampai bertemu dengan SD Negeri 01 Karangbenda. Dari situ tinggal lurus kurang lebih 30 meter, nanti ada papan selamat datang menuju tempat wisata di sebelah kanan jalan.

Baca juga: Kemit Forest, Wisata Hutan Kekinian dan Hits di Cilacap

Nah kalau Sobat Turisian berangkat dari Banyumas, Pemalang, atau Kebumen, jika telah sampai di Stasiun Kroya, bisa ambil arah ke Jalan Gatot Subroto Kroya. Setelah tiba di pertigaan, lalu ambil kanan menuju ke Jalan Kroya-Binagun.

Lurus terus mengikuti jalan utama Binangun hingga perempatan Pasar Wringin. Kemudian belok kanan menuju arah Adipala melalui Jalan Diponegoro, lanjut terus sampai menemukan papan wisata selamat datang di kiri jalan, sebelum SDN 01 Karangbenda, Cilacap.*

 

 

Pos terkait