Mencoba Kelezatan Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap

Brekecek Pathak Jahan
Brekecek Pathak Jahan Kuliner Khas Cilacap. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Olahan dari laut mendominasi ragam kuliner Cilacap. Sebab daerah ini berlokasi di pesisir pantai selatan Jawa Tengah. Salah satu kuliner khas Cilacap yang harus Sobat Turisian coba yaitu Brekecek Pathak Jahan.

Walaupun telah lama ada di tengah masyarakat Cilacap, namun brekecek pathak jahan resmi menjadi kuliner khas Cilacap pada tanggal 6 November 2014. Selain pathak jahan, juga ada brekecek basur.

Istilah brekecek merupakan gabungan kata dari “brek” yang berarti dijatuhkan atau diletakkan. Serta “kecek” yang berarti dikecek atau dicampur. Jadi, brekecek ini adalah cara memasak yang meletakkan bahan dasarnya lalu dicampur dengan bumbu yang khas.

Sedangkan untuk “pathak” berarti kepala, dan “jahan” yaitu jenis ikan jahan, yang menjadi bahan utama kuliner khas Cilacap tersebut. Jadi, pathak jahan adalah bagian kepala dari ikan jahan.

Baca juga: Kemit Forest, Wisata Hutan Kekinian dan Hits di Cilacap

Sementara bagian daging atau badan ikan jahannya, masyarakat setempat sudah mengolahnya. Menjadi ikan asin yang populer disebut ikan asin jambal roti.

Ragam Bumbu Brekecek Pathak Jahan 

Memasak kuliner khas Cilacap ini menggunakan bumbu dapur yang umum dan mudah menemukannya. Seperti cabai merah, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, daun salam, gula merah, serai, dan kemiri. Bisa juga tambah cabai rawit untuk mendapatkan sensasi pedas.

Bahan-bahan bumbu yang sudah halus, lalu memasaknya bersama dengan pathak jahan. Tak lupa untuk menambahkan daun kemangi dan perasan jeruk agar bau amis dari pathak jahannya berkurang.

Kalau sudah matang, brekecek pathak jahan siap menyantapnya bersama nasi putih hangat dan cah toge agar lebih nikmat. Sensasi menyeruput daging di antara tulang kepala ikan jahan yang membuat kuliner tersebut banyak penggemarnya. Apalagi bumbunya yang pedas, gurih, dan asin meresap di daging sangat berpadu, hingga membuat ketagihan.

Bagi Sobat Turisian yang tertarik untuk mencoba sensasi kelezatan makanan khas Cilacap ini, bisa langsung menikmatinya di rumah makan dekat pantai di Cilacap. Jika kurang suka ikan, dapat memilih brekecek basur yang tidak kalah nikmatnya.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

Puas menyantap makanan khas Cilacap tersebut saat liburan di sana, jangan lewatkan pula untuk membeli oleh-oleh khas Cilacap. Seperti kerupuk tengiri, keripik yutuk, stik sukun, dan masih banyak lagi.*

Pos terkait