Pussenarhanud akan Bangun Sport Centre Sekaligus Taman Rekreasi

Pussenarhanud
Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung, S.sos., M.M, didampingi Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana menggunting pita menandai diresmikannya lapangan Bulutangkis R.Harsoyo, Sabtu 14 Mei 2022. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Pussenarhanud atau Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara berencana membangun sport centre di Cimahi, Jawa Barat.

Rencana ini juga sejalan dengan konsep Cimahi sebagai Kota Militer sehingga dibutuhkan sarana olahraga sekaligus tempat rekreasi yang memadai.

Keinginannya tersebut juga selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Dudung Abdurachman. TNI dalam perannya harus mampu berkontribusi kepada pemerintah dan masyarakat dalam hal apapun, termasuk dibidang olahraga dan pariwisata.

Pernyataan tersebut disampaikan Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung, S.sos., M.M., usai meresmikan lapangan bulutangkis R.Harsoyo dan PB Viyati, di Markas Pussenarhanud, Sabtu 14 Mei 2022.

BACA JUGA: Bali Tuan Rumah IIM Pertama, Mengusung Konsep Sport Tourism

Marpaung mengemukakan, fasilitas olahraga yang sudah ada di Pussenarhanud Kodiklatad diantaranya lapang sepakbola, lapang volley, lapangan tennis, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan panahan maupun lapang menembak serta yang lainnya.

Keberadaan Fasilitas Olahraga di Pussenarhanud

Keberadaan fasilitas olahraga tersebut sungguh dirasa manfaatnya oleh seluruh elemen dan masyarakat.

“ Nanti kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, untuk mewujudkan Cimahi Sport Centre sebagai kawasan olahraga,” kata Marpaung.

BACA JUGA: 4 Event Sport Tourism Indonesia Paling Ditunggu di Tahun 2022

“Berhubung kondisinya kebetulan ada di Kota Cimahi, kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja. Apalagi masyarakat sekitar yang ingin menggunakan fasilitas olahraga, bisa datang dan silahkan pergunakan sebaik-baiknya,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan Marpaung, keberadaan lapangan bulutangkis R.Harsoyo di Pussenarhanud Kota Cimahi, Jawa Barat tidak saja sebagai pusat pembibitan atlet.

Danpussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Karev Marpaung, S.sos., M.M saat memberikan keterangan kepada awak media terkait peresmian Lapangan Bulutangkis R.Harsoyo, Sabtu 14 Mei 2022. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

Namun fasilitas yang baru diresmikan tersebut  bisa juga sebagai taman rekreasi (sport tourism) bagi masyarakat sekitar.

ia menjelaskan bahwa peresmian lapangan bulutangkis dan pengurus PB Viyati ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap pemerintah dalam pengembangan olahraga.

BACA JUGA: Kemenparekraf Siapkan Festival Nasional, Seperti Ini Desainnya

“Kami berkomitmen dan serius ingin memberikan kontribusi bagi pengembangan prestasi atlet khususnya bulutangkis,” katanya.

Hadir dalam acara peresmian lapangan bulutangkis R.Harsoyo tersebut Plt Wali Kota Cimahi Letkol (Purn) Ngatiman, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jawa Barat H. Asep Haelusna atau yang lebih akrab dikenal Asep Strawberry (Astro).

Juga hadir, Ketua Harian Pengurus PBSI Provinsi Jawa Barat Gianto Hartono, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudan dan Olahraga Kota Cimahi dan pasangan ganda campuran bulutingkis Indonesia Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad.

Wali Kota Cimahi Dorong Kolaborasi dengan Pussenarhanud

Sementara itu, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengemukakan bahwa Kota Cimahi secara umum hanya memiliki sumber daya manusia (SDM).

“Dari sisi Sumber Daya Alam (SDA) memang kami kurang. Tetapi, kami memiliki keunggulan SDM. Termasuk teknologi (IT), animasi dan atlet potensial. Keberadaan sarana olahraga bulutangkis yang disiapkan Pussemarhanud ini tentu akan menambah peluang kami melahirkan atlet nasional,” ungkapnya.

BACA JUGA: Rasakan Sensasi Terbang dengan Paralayang di Langit Bukit Santiong Subang

“Kenapa, kami berkolaborsi dengan TNI. Karena Cimahi sendiri adalah wilayah militer atau kota militer, dimana banyak lahan atau aset yang dimiliki TNI. Kalau bisa kerjasama dengan TNI, nanti atlet-atlet akan dilahirkan dari sini,” tambah Ngatiyana.

Ditempat yang sama Ketua Harian PBSI Jawa Barat Gianto Hartono menyampaikan apresiasi terhadap Pussenarhanud yang telah membangun lapangan bulutungkis.

“Ini menjadi bukti kerja nyata Pussenarhanud yang ingin ikut berkontribusi dalam melahirkan atlet bulutangkis di daerah nasional maupun internasional,” katanya.

Ia juga menyampaikan pesan dari ketua Umum PBSI bahwa ekspetasi terhadap Jawa Barat cukup tinggi. Khususnya, dalam upaya mencetak atlet yang potensial. ***

Pos terkait