Mencicipi Gembus Singkong, Camilan Khas Cilacap Buat Teman Ngopi

Gembus Singkong Cilacap
Gembus Singkong khas Cilacap. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Singkong mendominasi bahan baku camilan tradisional di hampir setiap daerah di Indonesia. Seperti di Cilacap, Jawa Tengah ada camilan khas yang terkenal dengan sebutan Gembus Singkong.

Sebenarnya gembus bisa Sobat Turisian temukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada gembus tempe dan gembus camilan. Nah yang dari Cilacap ini merupakan gembus camilan khas yang terbuat dari singkong dan bentuknya seperti donat.

Gembus singkong ini, mudah Sobat Turisian dapatkan di setiap sudut Cilacap dan sekitarnya. Biasanya dijual di pinggir jalan setiap sore hingga malam hari. Kadang banyak penjual gembus saat ada pasar malam, acara adat, dan tontonan wayang kulit.

Selain itu, gembus singkong ini juga sering tersaji bersama hidangan lain di acara hajatan, pernikahan, atau sunatan. Uniknya, meskipun yang punya hajatan tidak menyajikan camilan khas Cilacap ini, pasti gembus ini juga dijual di area parkir.

Biasanya para penjual gembus akan membawa sebuah kompor dan wajan. Lalu wadah bambu yang ditutupi tampah untuk menyajikan gembus yang sudah matang, serta tenda kecil dari plastik.

Baca juga: Mencoba Kelezatan Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap

Keunikan penjual gembus singkong Cilacap ini tidak menggunakan soled untuk membolak-balik atau mengangkat gembusnya saat menggorengnya. Namun memakai sebuah tusuk besi panjang yang bergagang kayu.

Bentuknya yang bulat bolong tengahnya mirip donat, akan lebih mudah menggunakan tusuk besi. Jadi saat mengangkat atau membolak-balik gembus tinggal tusukkan saja ke bolongan tengahnya.

Pembuatan Gembus Singkong Cilacap

Sentra produksi gembus singkong berada di Desa Kalisabuk, Kecamatan Kesugihan. Di situ ada ratusan orang yang pekerjaannya membuat gembus. Terutama di Grumbul Brondong, setiap RT pasti ada keluarga yang menjadi pembuat atau berjualan gembus.

Proses pembuatan camilan khas Cilacap ini pun terbilang mudah. Bahan dasarnya dari parutan singkong. Bahan baku singkong di Cilacap juga mudah mendapatkannya. Desa Pesanggrahan yang bersebelahan dengan Desa Kalisabuk merupakan salah satu penghasil singkong di Cilacap.

Singkong yang sudah diparut tersebut, lalu peras sampai tidak ada airnya dan ambil sari patinya. Setelah itu tambah dengan bumbu gembus, terdiri dari ketumbar, bawang putih, dan garam. Jika sudah tercampur semuanya kukus sampai matang.

Kemudian untuk membentuk adonan gembus menjadi bulat bolong tengahnya, adonan yang sudah matang tadi diuleni lagi dengan tepung tapioka. Setelah kalis baru bentuk seperti donat dan menggorengnya sampai matang dan siap hidangkan.

Baca juga: Kemit Forest, Wisata Hutan Kekinian dan Hits di Cilacap

Gembus singkong Cilacap yang sudah matang warnanya masih cenderung putih, tidak menggorengnya sampai coklat matang. Penyajiannya saat masih hangat dan jangan lupa sertai dengan secangkir teh atau kopi. Nikmati gembus ini sebagai camilan sore, wah jamin deh Sobat Turisian ketagihan!*

 

Pos terkait