Bertualang ke Desa-desa Nelayan Paling Memukau di Labuan Bajo

Labuan Bajo
Kegiatan warga di Desa Pasir Panjang Labuan Bajo ketika menjemur ikan hasil tangkapan Instagram/@wonderfulimage.id)

Turisian.com – Labuan Bajo memang selalu berhasil menyuguhkan keindahan tiada tara, khas birunya laut Timur Indonesia.

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Labuan Bajo tanpa menikmati sensasi berlayar dengan menggunakan kapal wisata.

Ragam pilihan kapal-kapal dengan desain otentik dan menarik selalu siap menyambut para wisatawan domestik.

Bhkan juga untuk mancanegara dengan pelayanan prima dari pemilik serta para pekerjanya.

Kapan lagi diri ini bisa bermanja-manja dengan bermalam ke atas kapal. Sambil menikmati hamparan pemandangan birunya laut yang memukau.

BACA JUGA: Maskapai AirAsia Indonesia Kembali Layani Penerbangan ke Labuan Bajo

Kapal-kapal tersebut selalu siap setiap saat untuk mengantarkan sobat Turisian dalam mengarungi perairan serta sejumlah desa nelayan ke sekitaran Labuan Bajo.

Namun, sejatinya Labuan Bajo tidak hanya identik dengan wisata terapung pada atas kapal saja.

Selain wisata alam seperti melihat satu-satunya hewan langka yakni komodo. Banyaknya desa nelayan dengan keindahan tak kalah memukau.

Desa Wisata Papagarang

Desa ini merupakan daerah lintasan kapal-kapal wisata ketika hendak berkunjung ke Pulau Komodo, jadi pastikan kalian mampir ke sini ya..

Secara geografis, lokasi eksotis yang satu ini masih masuk ke dalam wilayah Kawasan Taman Nasional Komodo.

Nuansa kampung nelayan sangat terasa kental. Dan hal tersebut menjadi daya tarik utama di Desa Papagarang.

BACA JUGA: Perjuangan Menuju Keindahan Gua Rangko, Hidden Gem di Labuan Bajo

Dengan lanskap panorama yang memanjakan mata, keramahan warga setempat yang mayoritas merupakan suku Bajo, Bima, Bugis serta suku Manggarai selalu berhasil menarik hati para pengunjung.

Masyarakat desa ini, mayoritas berprofesi sebagai nelayan terbiasa dengan melaut serta membuat ikan asin untuk dijual.

Namun seiring berkembangnya pariwisata setempat, para nelayan tersebut pun siap menjadi pemandu bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut dengan kapal mereka.

Memiliki motto sapta pesona seperti, aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan ramah, tentunya tempat ini akan menjadi kenangan indah selama berwisata di Labuan Bajo.

BACA JUGA: Biar Wisatawan Nyaman, Kursi Pesawat Tujuan Labuan Bajo Ditambah

Desa Wisata Golo Mori

Merupakan salah satu desa andalan yang senantiasa sigap dalam berbenah, terutama dalam sektor pariwisata.

Demi mendukung geliat pariwisata, masyarakat setempat sangat antusias menjamu para pengunjung yang datang.

Misalnya saja para ibu yang membuat kerajinan cinderamata berupa tikar anyaman serta menyediakan sarana transportasi maupun akomodasi bagi pelancong supaya makin betah untuk bertandang.

Aktivitas tersebut dilakukan serentak dan bergerak secara bersama-sama, untuk menggenjot perekonomian warga.

BACA JUGA: Labuan Bajo Garap Waterfront, Ini Tujuannya

Keindahan Desa Wisata Golo Mori sudah tidak perlu diragukan lagi, terletak di sebelah timur Pulau Rinca yang masih merupakan salah satu desa penyangga di kawasan Taman Nasional Komodo membuat desa ini memiliki panorama alam yang sungguh menawan.

Desa Wisata Pasir Panjang

Pemandangan pagi di Desa Pasir Panjang biasa diisi dengan kesibukan warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan tengah menjemur ikan yang baru saja ditangkap.

Penduduk desa memanfaatkan kekayaan bahari di sekitaran taman nasional yang masih terjaga keasriannya dengan baik, dan hal tersebut membuat desa ini terkenal dengan produk ikan terinya.

Terdapat banyak rumah panggung dengan warna-warni mencolok seperti biru dan hijau. Desain rumah panggung tersebut rupanya merupakan bentuk perlindungan, karena warga setempat percaya bahwa komodo tidak bisa menaiki anak tangga.

BACA JUGA: Labuan Bajo Siapkan PLTS untuk Menerangi 8 Event G20

Warga setempat dikenal karena keramahannya, maka jangan heran ketika berkunjung ke desa ini akan ada beberapa anak kecil yang tersenyum ramah menghampiri.

Kebanyakan wisatawan juga tertarik untuk menelusuri keindahan Gua Kalong yang juga menjadi daya tarik di Desa Wisata Pasir Panjang.

Tepat di balik bukit yang menjadi batas pandangan desa, terbentang rupa menawan dari Pulau Rinca yang keindahannya kerap dijadikan promosi wisata.

Ragam keindahan serta petualangan di desa-desa nelayan tersebut merupakan paket lengkap yang bisa sobat Turisian dapatkan di kawasan wisata super prioritas Labuan Bajo.

Para pelaku wisata di desa nelayan tersebut sudah siap untuk menyambutmu dalam berpetualang. jadi tunggu apa lagi, segera miliki pengalaman wisata yang seru dan berkualitas di desa-desa nelayan andalan Labuan Bajo!

Pos terkait