Ngabuburit di 7 Pasar Ramadan Indonesia, Temukan Takjil Khas Nusantara

Ngabuburit
Ilustrasi. Kue tradisional yang di jual saat memasuki bulan Ramadhan. Foto: Dok.iStock

TURISIAN.com – Setiap memasuki bulan suci Ramadhan, aktivitas ngabuburit seperti menjadi “wajib”. Menunggu waktu buka puasa sambil berburu takjil.

Ditambah lagi, banyak daerah di Indonesia yang menggelar pasar dadakan saat bulan Ramadan. Dimana,  menghadirkan berbagai  takjil-takjil khas Nusantara.

Adanya pasar Ramadan di setiap daerah pun selalu disambut baik oleh masyarakat Indonesia.

Karena di pasar Ramadan menyediakan aneka ragam makanan-makanan khas Indonesia. Hampir setiap daerah punya makanan khas yang hanya ada saat bulan Ramadan tiba.

BACA JUGA: Masjid Tiban, Jadi Wisata Religi Memasuki Bulan Ramadhan

Nah, bagi Sobat Turisian yang berencana ngabuburit sambil berburu takjil, kunjungi pasar-pasar Ramadan yang ada di berbagai daerah Indonesia berikut ini:

Pasar Ramadan Aceh

Sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh untuk berbondong-bondong ke Pasar Ramadan untuk berburu takjil.

Hampir setiap tahun, Pasar Ramadan Aceh selalu digelar dekat dengan area Masjid Raya Baiturrahman, tepatnya sekitar 250 meter di kiri masjid.

Ada beragama takjil khas Aceh yang bisa ditemukan di pasar Ramadan ini. Mulai dari makanan manis. Seperti kue bhoi dan timpan, hingga makanan pedas khas Aceh. Ada juga, mi caluk. Sedangkan kalau mencari buah-buahan segar, bisa mencoba rujak aceh.

BACA JUGA: Tren Fesyen Pria di Bulan Ramadhan, Ini Pilihannya

Pasar Pabukoan Padang

Mengunjungi Padang saat bulan Ramadan kurang lengkap kalau tidak ngabuburit di Pasar Pabukoan. Sebuah sebutan untuk pasar-pasar Ramadan yang tersebar di beberapa daerah di Padang.

Salah satu Pasar Pabukoan yang paling populer adalah Pasar Banda Buek, yang ada di Jalan Raya Indarung.

Ada beragam takjil khas Padang yang bisa dibeli di pasar ini. Mulai dari kue bongko, lemang tapai, lopis sarabi, bubur kampiun, hingga rendang.

Sekadar informasi, kue bongko merupakan menu favorit masyarakat Padang untuk berbuka puasa. Karena kue bercita rasa manis ini hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadan saja.

BACA JUGA: Event Kelana Ramadhan Bisa Jadi Ujung Tombak Kebangkitan Ekonomi

Pasar Benhil Jakarta

Tempat ini, tentu sudah tidak asing ditelinga kita. Ya, Pasar Benhil.  Selama bulan puasa, Pasar Benhil yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat ini selalu menjadi pasar dadakan yang menyediakan aneka takjil. Lokasinya yang cukup strategis, berada di dekat perkantoran, membuat pasar Ramadan ini selalu ramai saat waktu ngabuburit.

Ada beragam takjil sebagai menu berbuka. Mulai dari siomay, ikan bakar, es campur, hingga aneka gorengan. Bahkan kita juga bisa menemukan makanan khas Betawi di Pasar Ramadan Benhil, yakni soto betawi.

Kampung Ramadan Jogokariyan

Salah satu masjid yang selalu ramai dikunjungi warga Yogyakarta saat Ramadan tiba adalah Masjid Jogokariyan. Tak hanya untuk beribadah, di area masjid ini juga selalu rutin menggelar Kampung Ramadan yang menyediakan takjil untuk berbuka puasa setiap tahunnya.

Di Kampung Ramadan Jogokariyan terdapat beragam takjil khas Yogyakarta yang ditawarkan. Mulai dari kolak, kipo, jenang mutiara, tiwul, hingga gatot.

Takjil-takjil tersebut memiliki rasa yang lezat dan cocok banget dijadikan menu berbuka puasa.

BACA JUGA: Lomba Dentum Bedil Semarakkan Ramadhan di Riau dengan Hadiah Jutaan

Pasar Pusdai Bandung

Berada di pusat Kota Bandung, Pasar Pusdai (Pusat Dakwah Islam) merupakan pasar dadakan yang hanya buka saat Ramadan dan hari Jumat saja.

Saat bulan Ramadan, Pasar Pusdai selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ngabuburit, sekaligus mencari takjil untuk berbuka puasa.

Kalian  bisa menemukan berbagai jajanan khas Bandung di pasar Ramadan ini. Mulai dari cimol, batagor, es doger, es oyen, hingga cireng.

Kampung Ramadan Sawojajar Malang

Seperti halnya Pasar Ramadan lainnya, Kampung Ramadan Sawojajar, Malang juga selalu ramai dikunjungi warga. Khususnya, mereka yang ingin ngabuburit sambil mencari takjil untuk berbuka puasa. Lokasi pasar ini berada di Jl. Danau Bratan, Sawojajar, Malang.

BACA JUGA: Ini Gelaran Fashion Selama Ramadhan, Dari Muffest hingga IFW

Ada banyak takjil yang bisa didapatkan di Kampung Ramadan Sawojajar. Mulai dari nagasari, klepon, cenil, hingga jemblem. Bagi yang belum tahu, jemblem ada camilan kuno yang konon sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Terbuat dari singkong dan kelapa parut yang dibentuk bulat dan diisi gula jawa, camilan ini mirip dengan misro dari Jawa Barat.

Pasar Wadai Banjarmasin

Bagi kalian yang berencana liburan atau singgah di Banjarmasin, tak ada salahnya ngabuburit di Pasar Wadai Banjarmasin. Pasar ini dikelola pemerintah daerah, dan lokasinya selalu berpindah-pindah setiap tahunnya.

Pada Ramadan 2023, pemerintah menetapkan Siring Sungai Martapura sebagai tempat pelaksanaan Pasar Wadai.

Meski tempatnya selalu berubah-ubah, antusiasme masyarakat untuk berburu kuliner Ramadan khas Kalimantan Selatan selalu tinggi.

Mulai dari bingka kentang, amparan tatak pisang, papari, ipau, hingga laksa menjadi incaran para pemburu takjil yang datang ke Pasar Wadai Banjarmasin. ***

Pos terkait