Event Kelana Ramadhan Bisa Jadi Ujung Tombak Kebangkitan Ekonomi

Event Kelana Ramadhan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno/instagram @sandiuno

TURISIAN.com – Event Kelana Ramadhan diharapkan bisa  mendorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf) menjadi ujung tombak kebangkitan ekonomi.

“Adanya Kelana Ramadhan untuk menyemangati (dan) memotivasi agar kondisi pandemi (COVID-19) segera berakhir,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno  di Balai Sarwono, Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis 28 April 2022.

Lebih lanjut, kegiatan Kelana Ramadhan dimaksudkan pula untuk mensosialisasikan strategi pengembangan kabupaten/kota kreatif (KaTa Kreatif).

Pada tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) disebut bakal menyelenggarakan program KaTa Kreatif di 35 kabupaten/kota.

BACA JUGA: Ini Trik Sandiaga Uno Kurangi Pengangguran di Bidara Cina Jakarta

Untuk di Jakarta Selatan, subsektor yang menjadi unggulan ialah kuliner, fesyen, kriya, dan seni pertunjukan.

“Harapan saya, kegiatan ini terus bergulir. Saya juga ingin mengajak Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta memberikan kesempatan pelaku UMKM mewujudkan ide dan mengambil bagian dalam kebangkitan ekonomi,” ujarnya.

Selain berbagai ide dan gagasan melalui kegiatan Kelana Ramadhan, pihaknya turut memberikan kiat-kiat pemasaran, pendampingan, serta pelatihan kepada pelaku ekraf.

“Kesempatan bulan suci Ramadhan kan meningkatnya omzet mereka, tapi meningkatnya dengan kualitas yang lebih baik,” tutur Sandiaga terkait event Kelana Ramadhan.

BACA JUGA: Bertemu Pokdarwis di Padang, Sandiaga Uno Sampaikan Beberapa Hal Ini

Sebelumnya, Kelana Ramadhan ini dilaksanakan di kota Banda Aceh, Aceh. Kemudian, Jakarta Selatan menjadi kota kedua yang didatangi Kemenparekraf dan selanjutnya di Solo, Jawa Tengah.

Sandiaga mengharapkan pula para pelaku ekraf dapat kembali memperoleh pendapatan mengingat dua tahun terakhir masyarakat kehilangan penghasilan akibat pandemi.

“Dua tahun kita berjuang menyelamatkan sisi kesehatan masyarakat. Kali ini, mari kita memulai untuk bangkit bersama,” ujar dia. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait