Ini Trik Sandiaga Uno Kurangi Pengangguran di Bidara Cina Jakarta

Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno berharap terjadi penyerapan tenaga kerja baru. (Instagram.com/ @sandiuno)

TURISIAN.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengambil langkah nyata dalam mengurangi angka pengangguran di Ibu Kota.

Hal tersebut terbukti dengan aktivitas yang baru saja dilakukan oleh Sandiaga Uno di daerah Bidara Cina, Jakarta

Melalui program “Juragan lele lalap”, Sandiaga Uno berharap akan membuka peluang kerja, sekaligus mengurangi pengangguran.

Program ini bekerjasama dengan Rumah Siap Kerja (RSP) dan Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI). Bertekad untuk mengurangi angka pengangguran di bilangan Bidara Cina, Jakarta Timur.

Selain budi daya ikan di dalam ember, program tersebut juga semakin diperkaya dengan jenis budidaya lainnya antara lain. Seperti budidaya sayur-sayuran untuk lalapan seperti dikutip TURISIAN.com- dari Antaranews pada Senin, 18 April 2022.

BACA JUGA: Sandiaga Promosikan Bali Kepada Wisman Australia, Begini Caranya

“Ini merupakan budidaya di dalam ember yang dilengkapi dengan budidaya sayur-sayuran lalapan di atas embernya,” ucap Sandiaga Uno lewat keterangan tertulis pada Minggu, 17 April 2022, seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tersebut juga menyempatkan diri untuk menemui warga di Gang Ayub RT 12 RW 08, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Tak tanggung-tanggung, Menparekraf tersebut menyerahkan setidaknya 200 ember bantuan serta 10.000 bibit lele dan juga sayuran lalap kepada warga Bidara Cina.

Pelatihan Wirausaha

Bersama dengan RSK dan RSI, pria bernama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno itu juga memberikan serangkaian pelatihan wirausaha budidaya lele di dalam ember, hal tersebut bertujuan agar warga Bidara Cina bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Menurutnya, ditengah kenaikan harga-harga yang diprediksi akan naik belakangan ini bisa sedikit terbantu jika hasil panen dari program ini nantinya kemudian diproses menjadi produk-produk olahan.

BACA JUGA: Bertemu Pokdarwis di Padang, Sandiaga Uno Sampaikan Beberapa Hal Ini

“Harga akan naik, maka untuk menyikapinya warga bisa memiliki penghasilan tambahan melalui budidaya ikan lele di dalam ember dan juga nanti setelah dipanen bisa menjadi produk-produk olahan,” ungkap Sandiaga.

Secara terang-terangan, dirinya mengharapkan bahwa program ini bisa menciptakan lapangan usaha serta peluang kerja baru, sehingga mampu membangkitkan perekonomian di Indonesia.

Sementara itu, dikabarkan Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) RW 08 Bidara Cina, Imran Sanusi menjelaskan bahwa warga setempat cukup antusias dalam mengikuti program “Juragan lele lalap”.

Setidaknya tercatat ada ratusan orang yang terdaftar sebagai anggota dari kelompok tersebut. Bahkan sampai dengan Minggu, 17 April 2022 saja. Dikabarkan masih ada beberapa orang lagi yang ingin mendaftar sebagai bagian dari kelompok program ini.

Program Juragan Lele

“Jumlahnya sekarang ini ada ratusan orang. Dan sampai hari ini masih ada yang mau mendaftar sebagai kelompok dari lele ini,” kata Imran Sanusi.

Sebelumnya dikabarkan bahwa, Sandiaga Uno juga menggulirkan inovasi serupa kepada warga di sejumlah wilayah khususnya di DKI Jakarta. Seperti, Petamburan, Pesanggrahan serta Cakung.

Daerah Petamburan merupakan tempat berlangsungnya kick off program pertama dari “Juragan lele lalap”, dan saat itu mengambil lokasi di RW 03.

BACA JUGA: Rombongan Gowes Pawai Ramadhan Dilepas Menparekraf

Di Petamburan sendiri,  setidaknya terdapat bantuan berupa 200 ember, 10.000 benih ikan lele serta 1.600 lubang tanam kangkung. Bersama benihnya dengan memperkiraan satu ember untuk menghidupi satu kepala keluarga.

Langkah nyata tersebut diambil  sebagai upaya dalam menyusun tatanan ekonomi baru pasca pandemi COVID-19.

“Pesannya adalah bagaimana masyarakat dapat bersama-sama dengan pemerintah dalam menyusun tatanan ekonomi baru pascapan demi,” imbuhnya.

BACA JUGA: Dua Tahun Terpuruk, Sumbar Bangkit Lewat Kunjungan Pariwisata 2023

Kemudian, dirinya juga mengingatkan masyarakat bahwa kondisi saat ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan sebelum pandemi COVID-19.

Sebab kegiatan membangun perekonomian haruslah bersatu padu sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, untuk program “Juragan lele lalap” ini nantinya akan tetap mendapatkan pendampingan serta pelatihan.

Begitu pun, akan dilakukan oleh dua orang. Masing-masing, terdiri dari pelatih serta fasilitator yang sangat berpengalaman soal budidaya ikan di dalam ember.

Mereka juga dikenal sebagai seorang pengusaha yang andal. Hadirnya program ini adalah langkah nyata Kemenparekraf dalam memberdayakan warga untuk mendapatkan cuan tambahan. ***

Pos terkait