Pesona Danau Biru Kolaka yang Memikat Mata

Danau Biru Kolaka
Danau Biru Kolaka. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Banyak wisata alam yang menarik Sobat Turisian kunjungi di Sulawesi Tenggara. Salah satunya Danau Biru di Kolaka Utara yang menyuguhkan pemandangan hamparan air biru dan keindahan alam sekitarnya.

Objek wisata danau tersebut berada di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra). Lokasinya tak terlalu jauh dari Pantai Tamborasi, dapat Sobat Turisian jangkau sekitar 30 menit dari pantai ini. Danau ini juga hanya berjarak 12 meter dari bibir Laut Kolaka, pemisahnya hanya dinding tebing yang tinggi.

Danau Biru Kolaka memiliki kedalaman mencapai 7 meter dengan air yang jernih kebiruan. Perkiraannya terdapat tiga mata air dalam skala besar dari bebatuan bukit dan juga beberapa mata air dari dalam danau itu sendiri.

Letaknya yang berada di kaki bukit dengan dinding batu menjulang membuat danau ini terlihat teduh. Apalagi dengan tambahan pepohonan hijau yang menghiasinya, membuata suasananya makin nyaman.

Baca juga: Pacu Adrenalin di Arung Jeram Sungai Tinukari Sulawesi Tenggara

Begitu melihat Danau Biru ini, pastinya akan langsung terpesona dengan kombinasi bukit batu menjulang, pepohonan hijau, serta birunya danau yang sangat memukau. Pemandangan tersebut tentunya akan menjadi pengalaman yang sulit kalian lupakan.

Aktivitas & Fasilitas Danau Biru Kolaka

Sobat Turisian juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru. Mulai dari berenang, menaiki perahu mini, menyaksikan sunset, hingga snorkeling, dan melihat kehidupan bawah air.

Kalau kalian ingin menguji adrenalin, bisa mencoba melompat ke danau dari atas tebing yang cukup tinggi. Namun pastikan tetap berhati-hati sebab danau ini cukup dalam.

Kondisi lingkungan yang cukup asri dan sejuk di Danau Biru Kolaka, membuat cocok menjadi destinasi wisata keluarga. Akses jalan untuk menuju tempat wisata ini pun tidak sulit sehingga memudahkan wisatawan yang ingin datang.

Baca juga: Air Terjun Tikuarau, Pesona Alam Tersembunyi di Tanah Kolaka

Danau Biru Kolaka juga sudah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Seperti kamar mandi, musala, kamar ganti, tempat duduk, alat renang, gazebo, dan fasilitas lainnya. Kalau  merasa lapar dan haus pun jangan khawatir, sebab di sekitar danau juga terdapat banyak pedagang makanan dan minuman.*

Pos terkait