Pacu Adrenalin di Arung Jeram Sungai Tinukari Sulawesi Tenggara

Arung Jeram Sungai Tinukari
Arung Jeram Sungai Tinukari. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian penyuka wisata arung jeram atau rafting yang bosan dengan spot di Pulau Jawa, biasa sekali-kali menyeberang ke Sulawesi Tenggara. Di sana ada satu lokasi yang masih aktif untuk wisata arung jeram, yaitu Sungai Tinukari, di Kabupaten Kolaka Utara.

Sungai Tinukari atau Sungai Rante Angin yang ada di Desa Tinukari, Kecamatan Wawo ini, memiliki arus sungai yang ideal untuk kegiatan arung jeram. Airnya jernih dengan arus yang cukup deras, sehingga sangat tepat menjadi lokasi wisata dan olahraga pemicu adrenalin tersebut.

Wisata arung jeram Tinukari menjadi yang pertama di Bumi Anoa. Memiliki ukuran lebar sungainya yang mencukupi, sekitar 8 meter, dengan jalur lintasan sejauh 2,5 kilometer. Sobat Turisian dengan rafting sejauh 2,5 km itu akan menempuhnya dengan durasi sekitar 30 sampai 40 menit dalam kondisi arus yang normal.

Saat melakukan arung jeram di sungai ini, Sobat Turisian akan melihat sebuah jembatan gantung yang menjadi ikon destinasi wisata ini. Di spot ini Sobat Turisian bisa berfoto ria bersama sebagai kenangan.

Pengelolaan Wisata Arung Jeram Sungai Tinukari

Wisata arung jeram di Desa Wisata Tinukari tersebut sudah cukup tertata. Pengelolaannya secara resmi oleh Kelompok Sadar Wisata Hima Kolut dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mepokoaso.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Kendari yang Menarik Buat Tujuan Liburan Akhir Pekan

Jadi bagi Sobat Turisian yang akan menikmati wisata arung jeram, sebaiknya terlebih dahulu menghubungi penyedia jasa wisata tersebut. Bisa melalui akun Instagram resminya Tinukari Adventure.

Nah buat Sobat Turisian yang baru pertama kali mencoba wisata Arung Jeram Sungai Tinukari tidak perlu merasa khawatir. Sebab pengelola sudah menyiapkan enam instruktur yang siap sedia untuk mendampingi.

Wahana arum jeram ini pun memiliki fasilitas lokal transport dan instruktur rafting, serta perlengkapan rafting yang memadai. Tersedia pula pilihan paket arung jeram per satu kapal sekitar Rp.250.000/trip, lengkap dengan peralatan safety.

Di lokasi ini juga ada wisata flying fox yang sama-sama memicu adrenalin juga. Wah wajib Sobat Turisian coba juga tuh!

Lokasi Wisata Arung Jeram Sungai Tinukari

Destinasi wisata pemicu adrenalin ini, berlokasi di Desa Tinukari, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra). Tempatnya sangat mudah Sobat Turisian jangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat dari Kabupaten Kolaka.

Baca juga: Nih Indonesia Punya! Benteng Wolio Buton Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Untuk menuju ke wisata Arung Jeram Tinukari ini, Sobat Turisian hanya perlu waktu tempuh perjalanan selama sekitar 1 jam dari Kota Lasusua, Ibu Kota Kabupaten Kolaka Utara. Kalau perjalanannya santai sambil menikmati pemandangan sekitar, memakan waktu sekira 2 jam. Jaraknya kurang lebih 90 kilometer dari Lasusua.*

 

Pos terkait