Nikmatnya Kopi Butter Racikan Kedai Terang Bintang Pasar Kranggan Jogja

Kedai Terang Bintang Jogja
Sajian Kopi Butter dan Roti Sri Rich di Kedai Terang Bintang. (Source: Dispar Kota Yogyakarta)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang lagi liburan di Yogyakarta atau berencana wisata ke sana, jangan lupa mampir ya ke Pasar Kranggan. Di pasar ini ada tempat nongkrong asyik sore-sore sampai malam sambil ngopi. Tempatnya di Kedai Kopi Terang Bintang Kota Jogja.

Kedai Terang Bintang ini berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro No. 22, Kota Jogja, tepatnya berada di Pasar Kranggan Lantai 2. Meski pasar ini terkenal dengan makanan tradisionalnya, tetapi menikmati kuliner modern dengan suasana nyaman dan pemandangan Kota Jogja tidak kalah menariknya. Sobat Turisian wajib mencobanya!

Sajian menu kuliner di Kedai Terang Bintang Jogja ini, ada aneka minuman dan makanan hasil kreasi sang pemilik. Menu jagoannya, yaitu kopi butter dan cokelat butter. Wisnu Nugroho, sang pemilik kedai ini, alasan membuat kopi butter karena ingin membuat kopi di kedainya berbeda dari tempat lain.

Mengutip dari laman Dispar Kota Yogyakarta, menurut Wisnu, butter atau mentega memberi aroma yang harum di dalam kopi tersebut. Biasanya hanya wangi aroma kopi saja, tetapi di Kedai Terang Bintang Jogja ini wanginya bercampur dengan aroma butter. Kini kopi butter dan cokelat butter menjadi menu unggulan yang banyak penggemarnya.

Baca juga: Mencicipi Kelezatan Banjar dan Ukel, Kue Asal Kotagede Yogyakarta

“Kopi butter dan cokelat butter sangat viral di media sosial Tik Tok dan Instagram. Hal itulah yang membuat orang-orang penasaran, gimana sih rasanya kopi dan cokelat yang dipadukan dengan butter,” ujar Wisnu.

Menu Makanan di Kedai Terang Bintang Jogja

Kedai Terang Bintang Jogja ini dibangun dengan suasana dan tema kedai klasik, agar berbeda dengan kedai-kedai lainnya. Wisnu yang memiliki keterampilan memasak akhirnya memutuskan membuka kedai dengan menu yang lebih beragam tidak hanya sekadar kopi. Menu favorit lainnya, antara lain Roti Sri Rich, Udon Xilau, dan Rice Bowl Ayam.

Roti Sri Rich yang harganya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 13.000 per porsi dan menjadi favorit karena selai srikaya yang segar. Nama Sri Rich sendiri berasal dari srikaya yang dibahasa-inggriskan.

Ada pula menu favorit lainnya yang wajib Sobat Turisian cobain, yaitu Udon Xilau. Meski termasuk makanan khas Jepang, namun Wisnu mencampur unsur lokal ke dalamnya. Dengan memasukkan daging ayam sebagai pugas yang masaknya memakai bumbu ala mi ayam dan sambal matah.

Satu porsi menu Udon Xilau seharga Rp 25.000 per mangkok. Sementara kopi dan coklat dengan butter harganya Rp 12.000 saja. Rasa yang unik serta harga terjangkau juga menjadi nilai tambah kedai kopi Jogja ini. Pokoknya Sobat Turisian bisa puas ke tempat ini!

Jam Buka Kedai Terang Bintang Jogja

Kedai Kopi Terang Bintang setiap hari tidak pernah sepi pengunjung. Wisnu memilih Pasar Kranggan sebagai lokasi usahanya karena ada tujuan tertentu. Salah satunya ingin mengubah stigma pasar yang kumuh.

Baca juga: Sedapnya Jadah Tempe, Kuliner Yogyakarta yang Sudah Melegenda Sejak 1950

Kemudian pada dasarnya, pasar tradisional ini pada malam hari sudah tidak ada kegiatan jual beli. Oleh karena itu Wisnu membuka Kedai Terang Bintang ini dari jam 10.00 pagi sampai dengan jam 22.00 malam.*

Pos terkait