Habiskan Waktu Liburan di Pantai Karangbolong Kebumen yang Indah

Pantai Karangbolong
Pantai Karangbolong Kebumen, Jateng. (Source: Disparbud Kab. Kebumen)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan, objek wisata bisa menjadi pilihan terbaik. Salah satunya bisa mengunjungi Pantai Karangbolong yang ada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai yang berlokasi di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kebumen tersebut, merupakan pantai landai berpasir yang cukup luas. Dengan batasan alam pebukitan yang tersusun dari batuan sedimen klastik asal gunung api.

Di Pantai Karangbolong Sobat Turisian pun bakal melihat hamparan pasir berwarna kelabu yang berukuran halus-kasar bersumber dari batuan tersebut. Sapuan ombak besar yang membentur dinding perbukitan menghasilkan energi yang cukup untuk mengikis, mengangkut, dan mengendapkan kembali butiran batuan.

Adanya fenomena alam berupa singkapan breksi lahar yang berada di pinggir pantai mengalami pengikisan, menghasilkan bentukan abrasi yang unik. Objek wisata pantai ini mempunyai potensi membentuk arus balik yang kuat, sehingga menjadi kawasan yang berbahaya untuk berenang.

Baca juga: Yuk Kunjungi Deretan Pantai di Kebumen Berikut Ini Saat Liburan Nanti!

Meski tak bisa berenang, Sobat Turisian masih bisa menikmati berbagai aktivitas lainnya. Seperti berburu spot foto yang eksotik dan instagenic. Buat pecinta mancing, Pantai Karangbolong Kebumen juga menjadi pilihan tepat. Soalnya beberapa jenis ikan karang cukup melimpah di pantai ini.

Gua Karangbolong & Sarang Burung Walet

Lebih seru lagi, Sobat Turisian bisa mengunjungi Gua Karangbolong yang terletak di sisi timur pantai tersebut. Sebuah lorong yang cukup panjang ini terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan.

Gua di Pantai Karangbolong ini memiliki ukuran panjang 30 m, lebar 10 m, dan tinggi sekitar 5 m. Breksi yang terkenal sebagai Formasi Gabon tersebut berumur Oligo-Miosen atau antara 30-15 juta tahun. Tersingkap bersama-sama dengan sisipan batu pasir dan batu lempung.

Di luar keindahan alamnya, kawasan Karangbolong juga terkenal dengan sarang burung waletnya yang merupakan komoditi andalan pernerintah daerah.

Burung-burung kecil pemakan serangga itu tinggal di dalam lubang. Lalu di ceruk atau gua-gua breksi di sepanjang dinding terjal yang berbatasan langsung dengan laut di kawasan Pantai Karangbolong.

Pada bagian atap Gua Karangbolong miniatur cara pemanenan sarang burung walet. Hal ini sebagai visualisasi sulitnya proses pengambilan sarang burung secara tradisional.

Pengambilan sarang burung walet di kawasan Pantai Karangbolong berlangsung 4 kali dalam setahun. Kegiatan tersebut menjadi momen yang menarik karena ada serangkaian prosesi adat terlebih dahulu dan pertunjukkan kesenian daerah.

Baca juga: Sarapan Pagi Nikmat dengan Nasi Penggel Khas Kebumen

Sebagai objek wisata alam ini, pantai ini pun sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung wisata yang memadai. Di antaranya area parkir, MCK, pendopo, tempat makan, kios cendera mata, peturasan, dan musala.*

 

Pos terkait