Yuk Kunjungi Deretan Pantai di Kebumen Berikut Ini Saat Liburan Nanti!

Pantai di Kebumen
Pantai Menganti di Kebumen.

TURISIAN.com – Saat liburan nanti, tak ada salahnya Sobat Turisian memasukan Kebumen sebagai salah satu daftar kunjungan. Pasalnya kabupaten di Jawa Tengah ini tak hanya memiliki Gua Jatijajar atau Pantai Ayah saja. Tapi deretan pantai di Kebumen lainnya pun menarik untuk Sobat Turisian kunjungi.

Deretan pantai di Kebumen ini membentang sepanjang garis pantai dari barat ke timur. Istimewanya, setiap pantai mempunyai daya tarik tersendiri. Berikut ini ada 5 pantai di Kebumen yang wajib Sobat Turisian nikmati pesonanya saat liburan nanti.

1. Pantai Pedalen

Objek wisata pantai di Kebumen yang pertama ada Pantai Pedalen yang berada di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Berjarak sekitar 1,5 km dari Pantai Ayah yang sudah populer di Kebumen. Sobat Turisian hanya perlu 4 menit berkendara untuk menggapainya.

Tempat wisata Kebumen ini sering disebut sebagai pantai nelayan karena daya tarik utamanya berupa jajaran perahu-perahu milik nelayan yang bersandar. Di sini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI), jadi Sobat Turisian bisa langsung beli ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Selain itu, Sobat Turisian bisa santai menikmati lanskap pantai yang berkerikil dan berbatu, hanya ada sedikit pasir pantai. View menarik lainnya, ada bebatuan karang gugusan karts berusia ratusan tahun.

Lalu terdapat Pos Observasi Bulan (POB) yang menjadi lokasi pengamatan rukyatul hilal untuk penentuan awal Ramadan dan Tahun Baru Hijriah. Nah Sobat Turisian pun bisa menikmati sunrise dan sunset sekaligus buat latar foto selfie di bukit pandang, sebelah atas bangunan POB.

2. Pantai Karang Agung

Bergeser ke destinasi pantai berikutnya yaitu Pantai Karang Agung yang berlokasi dekat dengan Pantai Pedalen dan berada di desa yang sama. Jaraknya hanya sekitar 2,8 km, Sobat Turisian bisa menempuhnya sekira 9 menit berkendara.

Baca juga: Waduk Sempor Kebumen Suguhkan Keindahan Alam dan Berbagai Wahana Menarik

Karakter Pantai Karang Agung cukup berbeda jauh dengan Pedalen meski berjarak dekat. Di pantai sebelumnya tak ada pasir, kalau di sini terdapat hamparan pasir pantai. Ciri khasnya berupa batu karang besar di tengah pantai.

Di sekitar batu karang besar tersebut, Sobat Turisian dapat melihat bebatuan yang tersebar hingga di beberapa sudut pantai. Pantai Karang Agung ini pun banyak yang menyebut sebagai Tanah Lot-nya Kebumen. Karena suasana pantainya mirip Pantai Tanah Lot di Bali.

Sobat Turisian juga bisa menikmati susana yang tenang karena lokasinya juga cukup tersembunyi sehingga masih terjaga keasriannya. Dengan lokasi yang tersembunyi, membuat Sobat Turisian harus berjalan kaki sejauh 1,2 km dari pintu masuk serta bersiap melewati hutan jati sebelum tiba di pantai ini.

3. Pantai Menganti

Destinasi Pantai Menganti masuk deretan pantai di Kebumen yang wajib Sobat Turisian kunjungi saat liburan. Pantai ini berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah atau sekira 30 menit berkendara dengan jarak 11 km dari Pantai Ayah.

Tempat wisata Kebumen yang ngehits sejak beberapa tahun lalu ini, menyajikan sejumlah spot menarik dan beragam. Ada dua spot wisata yang bisa Sobat Turisian nikmati di pantai ini. Di sebelah barat yang merupakan pantai nelayan, dapat melihat sederet perahu yang berlabuh di tepi pantai.

Di sisi barat ini juga, Sobat Turisian bisa bermain air dan pasir. Kemudian ada sejumlah fasilitas seperti warung makan dan kamar mandi. Letaknya di tengah perbukitan sehingga panorama bukit hijau turut menghiasi pandangan.

Sedangkan di spot sebelah timur, Sobat Turisian dapat melihat Pantai Menganti dari ketinggian karena lokasinya di atas tebing. Kawasan ini sering disebut Bukit Gazebo sebab banyak terdapat saung atau gazebo yang tersebar di sejumlah titik. Fasilitas ini bisa Sobat Turisian gunakan untuk sekadar beristirahat sembari menikmati panorama laut.

4. Pantai Pecaron

Jika sudah puas dengan Pantai Menganti, Sobat Turisian bisa berlanjut ke pantai di Kebumen lainnya. Ada Pantai Pecaron yang terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah. Lokasi Pantai Pecaron bersebelahan dengan Pantai Menganti, tapi tetap butuh waktu sekira 18 menit untuk ke sana.

Baca juga: 6 Hal Menyenangkan yang Dapat Dilakukan di Pantai Menganti

Uniknya, meski kedua pantai ini berdekatan, namun penampilannya berbeda. Pantai Pecaron memiliki area berpasir yang lebih luas dan berwarna hitam dengan campuran batu-batu. Di sepanjang Pantai Pecaron juga menjulang pohon kelapa.

Berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya, akses ke pantai ini tidak terlalu menanjak. Bahkan Sobat Turisian bisa langsung menuju area pantai begitu turun dari kendaraan. Jadi tidak perlu capek-capek berjalan kaki.

Suasana Pantai Pecaron masih alami dan asri, dengan lanskap pantai yang cukup luas berlatar tebing dan perbukitan yang begitu hijau. Pemandangan alam yang segar dan memanjakan mata.

5. Pantai Lampon

Destinasi Pantai Lampon menjadi salah satu pantai di Kebumen yang juga sayang untuk dilewatkan. Lokasinya ada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, sekitar 19 menit perjalanan ke arah timur dari Pantai Pecaron.

Banyak yang menyebut Pantai Lampon sebagai mutiara tersembunyi di Kebumen. Letaknya cukup sulit Sobat Turisian jangkau, harus melalui tanjakan yang cukup curam. Tapi jika sudah tiba di lokasi, semua perjalanan berat tersebut akan terbayar dengan kepuasan menikmati semua keindahan di Pantai Lampon.

Ada sejumlah spot yang menarik untuk Sobat Turisian nikmati di sini. Mulai dari area pantai berpasir cokelat yang masih bersih, kawasan perbukitan yang menjadi area berkemah, serta bukit karst yang cocok jadi spot berfoto yang cantik dan instagenik.

Lalu dari area perbukitan Pantai Lampon, Sobat Turisian dapat melihat area pantai yang menjadi tempat bersandarnya sejumlah perahu nelayan. Tambah lagi dengan air laut yang berwarna hijau kebiruan menambah pesona keindahanan pantai ini.

Baca juga: 5 Pantai di Selatan Jawa yang Memesona, Nomor 4 Ada Air Terjunnya!

Di sekitar kawasan Pantai Lampon juga terdapat beberapa gua yang bisa Sobat Turisian kunjungi. Sehingga pengalaman liburan ke pantai ini lebih lengkap dan berkesan.*

 

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah

Pos terkait