Waduk Sempor Kebumen Suguhkan Keindahan Alam dan Berbagai Wahana Menarik

Waduk sempor Kebumen
Waduk Sempor Kebumen. (Source pu.go.id)

TURISIAN.com – Kebumen menyimpan destinasi wisata yang makin ke sini kian ngehits. Ya, Waduk Sempor tempatnya. Danau buatan ini menyajikan panorama alam yang memukau dan berbagai wahana permainan menarik untuk Sobat Turisian coba saat berkunjung ke sana.

Objek wisata Kebumen ini pun sudah menjadi tujuan favorit liburan keluarga masyarakat setempat dan daerah lainnya. Lokasinya di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 34 km dari pusat kota Kebumen ke arah barat laut atau 13 km utara Gombong.

Waduk Sempor sendiri membendung aliran utama Sungai Sempor, dengan memanfaatkan lembah sungai yang terpendek untuk tumpuan waduk. Bukit tumpuan waduk tersusun oleh breksi dan batupasir Formasi Waturanda.

Pada belasan juta tahun Ialu, breksi yang tersingkap di sekitar waduk ini merupakan endapan laut dalam yang dipengaruhi gejala pelongsoran bawah laut. Lalu kegiatan tektonik mengangkatnya menjadi daratan hingga ketinggiannya sekarang mencapai sekitar 400 mdpl.

Baca juga: 6 Hal Menyenangkan yang Dapat Dilakukan di Pantai Menganti

Waduk Sempor berjenis rock-fill yang bertujuan untuk berbagai kegunaan. Antara lain untuk pengairan, pusat pembangkit listrik, pengendali banjir, perikanan, dan wisata. PLTA Sempor mampu menghasilkan listrik sebesar 1 MW. Sebagian penyaluran airnya ke desa-desa di sekitar Sempor yang belum terjangkau jaringan listrik PLN.

Daya Tarik Wisata Waduk Sempor

Keindahan waduk ini sendiri yang menjadi daya tarik utama tempat wisata Kebumen ini. Tambah lagi panorama alam sekitar yang indah dan berbagai wahana permainan yang seru. Semua itu bisa Sobat Turisian nikmati di Waduk Sempor.

Lebih asyik lagi saat menjelang sore, Sobat Turisian bisa menanti pesona eksotis sunset Waduk Sempor. Suasana sekitarnya pun makin romantis bagi Sobat Turisian yang datang bersama pasangan. Jangan lupa untuk mengambil swafoto atau foto bersama dengan latar momen sunset yang cantik dan instagenik.

Destinasi geowisata Kebumen ini mengandalkan pada keindahan alam yang berpadu dengan bangunan hasil teknologi dan budaya manusia. Lebih menarik lagi dengan adanya berbagai pilihan wahana permainan dan fasilitas yang lengkap.

Baca juga: 3 Tempat Terbaik Menikmati Pesona Waduk Gajah Mungkur dari Ketinggian

Di sini, Sobat Turisian dapat berkeliling waduk menggunakan kapal dan kano yang tersedia. Selain itu, ada juga fasilitas penunjang yang memadai. Seperti arena bermain, panggung terbuka, tempat peristirahatan, area parkir, tempat makan, dan lainnya.*

 

 

 

 

 

 

Pos terkait