Pesona Telaga Biru Bintan yang Menakjubkan, Cantik Buat Latar Swafoto

Telaga Biru Bintan
Telaga Biru Bintan dengan air biru dan pasir putih yang menakjubkan. (Source: Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Liburan ke Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) tak hanya bisa menikmati panorama pantai yang indah. Namun, Sobat Turisian juga bisa berkunjung ke Telaga Biru Bintan. Banyak pula yang menyebutnya Gurun Pasir Busung.

Panorama di destinasi wisata Bintan ini sangat memukau. Di sini, Sobat Turisian bisa menikmati telaga berwarna biru dan hamparan gurun pasir mirip di Timur Tengah. Tampak indah sekali perpaduan hamparan pasir dengan telaga-telaga air berwarna biru menghiasi area bak sebuah oase di tengah teriknya matahari.

Telaga Biru Bintan sebelum menjadi tempat wisata eksotik dan instagenik, tadinya merupakan area tambang galian pasir. Namun tambang tersebut sudah tidak beroperasi lagi sejak 2013. Akhirnya masyarakat Desa Busung berinisiatif menjadikan eks pertambangan pasir tersebut sebagai tempat wisata.

Penambangan tersebut meninggalkan material pasir yang tidak terpakai dan menumpuk di sekitar lokasi membuatnya seperti gurun pasir. Lubang bekas galian pasir tersebut lantas terisi air hujan, hingga menjelma menjadi sebuah danau atau telaga yang indah berair biru.

Fasilitas & Spot Foto di Telaga Biru Bintan

Berkunjung ke tempat wisata Bintan ini, Sobat Turisian tidak usah membayar tket masuk karena memang gratis. Tapi meskipun tak dipungut biaya tiket masuk, destinasi wisata Telaga Biru Bintan tetap menyediakan fasilitas yang lengkap.

Baca juga: 4 Hotel Terbaik Bagi Backpacker Saat Liburan di Bintan

Ada fasilitas area parkir, toilet, serta warung-warung kuliner kecil yang terletak di sekitar telaga. Bahkan tempatnya nyaman untuk menjadi spot bagi Sobat Turisian yang ingin bersantai dan menikmati santapan kuliner yang tersedia di sana.

Tak hanya itu, di area wisata Telaga Biru Bintan juga terdapat replika unta dan replika berbentuk hati sebagai salah satu spot foto. Ada pula fasilitas perahu kayu yang bisa Sobat Turisian sewa untuk berkeliling telaga. Dengan tarif cukup terjangkau, hanya sekitar 10 ribu rupiah per orang.

Lokasi & Rute Menuju Telaga Biru Bintan

Lokasinya berada di Jalan Raya Busung, Dusun Busung, Kecamatan Seri Koala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepri. Sekitar 45 menit perjalanan darat dari bandara RHF Tanjung Pinang maupun dari pelabuhan Tanjung Pinang. Jika berangkat dari pelabuhan Tanjung Uban hanya sekitar 15 menit.

Objek wisata Telaga Biru Bintan berada di Pulau Bintan, Kepri. Jadi sebelum ke sana harus sampai dulu di Bintan. Dapat ditempuh melalui jalur udara dari Batam maupun langsung ke Pulau Bintan.

Sementara untuk menuju temoat wisata tersebut, bisa diakses dari dua jalur. Jika Anda berangkat dari arah Kota Tanjung Pinang. Rute pertama dapat melalui jalan ke arah Pantai Trikora. Sedangkan rute kedua dapat menggunakan jalan yang menuju ke arah Kijang atau bandara.

Baca juga: 8 Ide Liburan Ala Sultan untuk Menikmati Suasana Mewah di Bintan

Dari kedua rute itu, rute pertama yang menuju ke Pantai Trikora lebih disarankan karena waktu tempuhnya lebih cepat untuk sampai di Telaga Biru. Jika sudah tiba di pertigaan Pantai Trikora, Anda bisa bertanya kepada warga setemoat agar tidak kebingungan.*

 

 

 

 

Pos terkait