Sarapan Pagi Nikmat dengan Nasi Penggel Khas Kebumen

Nasi Penggel Khas Kebumen
Nasi Penggel Khas Kebumen. (Source: Disparbud Kab. Kebumen)

TURISIAN.com – Hampir setiap daerah di Indonesia punya hidangan nasi khas. Seperti di Pekalongan ada Sego Megono, Surakarta memiliki Nasi Liwet, Cirebon punya Nasi Lengko. Nah kalau ke Kebumen, Sobat Turisian bisa mencoba Nasi Penggel. Penyebutan seperti kita mengucapkan ‘e’ pada pensil.

Salah satu makanan khas Kabupaten Kebumen ini, memiliki keunikan dari segi tampilannya. Di dalam penyajiannya tampak kepalan nasi berbentuk bulat beralaskan daun pisang. Lauk utamanya berupa olahan daging sapi (berupa kikil atau paru), telur, sayur nangka yang bercampur tempe dan tahu.

Masyarakat di Kebumen biasanya menikmati nasi penggel dengan tempe mendoan sebagai pelengkap. Beberapa penjual juga menyuguhkan nasi ini dengan tuangan sayur lodeh santan berbumbu gurih sederhana. Ada campuran ‘gori’ atau nangka muda, daun singkong, tempe, tahu dan melinjo.

Nasi penggel sendiri hanya tersedia saat pagi hari, cocok buat menu sarapan Sobat Turisian ketika berada di Kabupaten Kebumen. Umumnya penjual nasi ini akan mulai berjualan selepas salat subuh.

Baca juga: Waduk Sempor Kebumen Suguhkan Keindahan Alam dan Berbagai Wahana Menarik

Jamin Sobat Turisian akan ketagihan dengan kelezatannya makanan khas yang satu ini. Pas banget buat isi perut sebelum memulai jalan-jalan di Kabupaten Kebumen.

Sentra Pedagang Nasi Penggel Kebumen

Nah kalau Sobat Turisian ingin mencoba makanan khas Kebumen yang paling nikmat dan populer, bisa datang ke sentranya. Tepatnya di Dukuh Gunungsari, Desa Pejagoan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Rute yang bisa Sobat Turisian lalui menuju sentra tersebut, bisa mulai berangkat dari Alun-alun Kebumen. Kemudian arahkan perjalanan menuju Jembatan Luk ulo Tembana. Melalui jalan ke utara lalu belok kiri dan tetap lurus dari perempatan Pasar Mertokondo.

Baca juga: Yuk Kunjungi Deretan Pantai di Kebumen Berikut Ini Saat Liburan Nanti!

Tak jauh dari Jembatan Luk ulo Tembana itu, terdapat pertigaan dan beloklah ke kiri hingga tiba di lokasi. Di situ merupakan kawasan sentra Nasi Penggel yang terdapat beberapa pedagang. Mereka mulai buka dari pukul 05.30 sampai dengan 08.30 WIB. Jangan sampai kesiangan, ya Sob!*

 

Pos terkait