Danau Semparong Pulau Sukun di Kabupaten Sikka yang Memukau

Danau Semparong
Danau Semparong Kab. Sikka, NTT. (Source: Disparbud Sikka)

TURISIAN.com – Mau liburan di objek wisata alam yang tak biasa, Sobat Turisian bisa coba datang ke Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Di sana banyak pulau kecil yang menyimpan objek alam luar biasa dan memukau. Seperti Danau Semparong di Pulau Sukun.

Destinasi wisata alam tersebut berlokasi di Pulau Sukun, Desa Semparong, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, NTT. Letaknya berada di sebuah bukit sebelah timur Pulau Sukun.

Uniknya, meski berada di sebuah bukit tapi air Danau Semparong sangat asin, lebih asin dari air laut. Sepintas Sobat Turisian akan melihat danau ini berada lebih tinggi dari lautan. Menurut masyarakat setempat tak ada kehidupan di dalamnya.

Nama danau ini sesuai nama desa tempatnya berada, yakni Desa Semparong. Luasnya mencapai sekitar 29,54 hektare. Lebar danau kira-kira sekitar 150 meter dan berbentuk huruf L yang memanjang ke barat dengan dua bukit yang mengapitnya.

Di sekitar Danau Semparong, Sobat Turisian akan melihat sebuah bukit terjal menjulang setinggi sekitar 300 meter membentengi danau di bagian utara. Sementara bagian barat Danau Semparong, ada pembatas berupa bukit setinggi sekitar 150 meter dan selatan setinggi sekitar 50 meter.

Baca juga: Pulau Nusa Kutu Kabupaten Sikka Suguhkan Pesona Alam yang Memukau

Sekeliling danau terdapat bukit di mana semakin ke timur dan berputar ke utara ketinggian bukitnya semakin meningkat. Sungguh menjadi perpaduan danau dan bukiy yang indah dan memukau. Sangat cantik dan eksotik untuk latar swafoto kalian.

Di luar keindahan alamnya, Danau Semparong pun tak lepas dari cerita legenda yang melekat. Hingga oleh masyarakat setempat, danau ini menjadi tempat yang keramat. Setiap tahun selalu berlangsung ritual adat di pesisir danau untuk menghormati leluhur dan penjaga danau.

Biasanya, penyelenggaraan ritual tersebut pada November atau Januari. Di dalamnya ada prosesi menyembelih kambing dan ayam. Lalu menyuguhkan telur ayam, sirih pinang, serta beras merah, putih dan hitam.

Akses Menuju Danau Semparong

Untuk menjangkau objek wisata danau ini, Sobat Turisian harus melewati sisi baratnya. Itupun bisa kalian lakukan saat musim panas karena air danau akan menyusut. Sehingga menyisakan daratan selebar kurang lebih 10 meter sepanjang 50 meter.

Namun sebelum ke situ, untuk menuju Danau Semparong Sobat Turisian harus tiba dulu di Pulau Sukun. Perjalanannya butuh waktu lebih kurang 2 jam menggunakan kapal motor laut. Jarak pulau kecil sekitar 45 mil laut sebelah utara kota Maumere yang berada di daratan Flores.

Baca juga: Wisata ke Pantai Koka di Kabupaten Sikka yang Indah Tiada Tara

Keunikan pulau seluas 6,3 km persegi ini adalah danau air asinnya yang terletak di sebelah timur daratan ini. Berjarak sekira 1,5 km dari desa dan dapat Sobat Turisian tempuh selama kurang lebih 45 menit berjalan kaki dengan jalan yang sedikit menanjak.*

 

 

Pos terkait