Pulau Nusa Kutu Kabupaten Sikka Suguhkan Pesona Alam yang Memukau

Pulau Nusa Kutu
Pulau Nusa Kutu di Kab. Sikka, NTT. (Source: Disparbud Kab. Sikka)

TURISIAN.com – Pulau Nusa Kutu merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan pesona alam yang memukau. Sobat Turisian pecinta keindahan alam wajib datang ke sini.

Destinasi wisata ini berupa sebuah pulau kecil yang sesungguhnya terhubung langsung dengan Pulau Flores. Menurut masyarakat setempat, dahulu kala pulau ini menyatu dengan daratan Flores. Namun, pada 1992, Kabupaten Sikka sempat terkena bencana alam gempa dan tsunami. Sehingga pulau tersebut yang terpisah dari daratan Flores.

Sobat Turisian bisa menjangkau Pulau Nusa Kutu dengan berjalan kaki sekitar 50 meter dengan melewati lereng bukit pada saat air laut sedang surut. Tetapi di kala air laut sedang pasang, pulau ini hanya bisa kalian pandang melalui sebuah bukit. Warga sekitar menyebutnya sebagai Bukit Buaya karena bentuknya mirip dengan buaya yang sedang tidur.

Begitu tiba di objek wisata NTT yang satu ini, panorama alamnya sangat indah dan merupakan spot yang cantik untuk berswafoto. Kalian pun akan melihat banyak pengunjung yang mayoritas anak muda. Mereka antusias berswafoto dengan ponsel dan kamera.

Baca juga: Wisata ke Pantai Koka di Kabupaten Sikka yang Indah Tiada Tara

Lebih menarik lagi, saat berada di puncak Pulau Nusa Kutu, Sobat Turisian bakal terpana dengan pemandangan yang eksotis. Dari tempat tersebut, kalian bisa melihat hamparan laut, sawah, dan beberapa hewan ternak.

Setelah puas mengeksplorasi puncak tersebut, Sobat Turisian bisa melanjutkan perjalanan ke Bukit Nanga yang sudah menyatu dengan daratan Pulau Flores. Terletak tidak jauh dari Nusa Kutu, jaraknya hanya sekitar 20 meter.

Bukit Nanga ini pun menjadi salah satu spot foto terbaik dengan latar alam Pulau Nusa Kutu yang memukau. Untuk bisa ke sana, Sobat Turisian harus melewati lereng bukit dengan berjalan kaki yang cukup memacu adrenalin.

Lokasi & Akses ke Nusa Kutu

Objek wisata alam tersebut berada di wilayah Desa Kolisia B, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Berjarak kurang lebih 15 kilometer ke arah utara Kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka.

Baca juga: Liburan Dulu ke Tanjung Kajuwulu di Kabupaten Sikka yang Memukau

Untuk menuju Pulau Nusa Kutu, Sobat Turisian  dapat berkendara ke arah barat Kota Maumere menyusuri jalur Pantura tepatnya di Desa Kolisia. Durasi perjalanan dari Kota Maumere tersebut kurang lebih 20 hingga 25 menit.*

 

Pos terkait