Liburan Dulu ke Tanjung Kajuwulu di Kabupaten Sikka yang Memukau

Tanjung Kajuwulu
Tanjung Kajuwulu, Kabupaten Sikka, NTT. (Source: Disparekraf NTT)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang berencana liburan, bisa sesekali arahkan perjalan ke Pulau Flores. Di sana banyak sekali objek wisata alam yang menarik untuk kalian kunjungi, mulai dari gunung, bukit, pantai, hingga alam bawah laut. Salah satunya ada Tanjung Kajuwulu di Kabupaten Sikka.

Lokasi destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perjalanan ke tempat ini, Sobat Turisian akan menyusuri jalan panjang dan lurus menuju arah utara, melewati jalur pantura (pantai utara).

Perjalanan dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, menuju Tanjung Kajuwulu, Sobat Turisian akan menempuh jarak sekitar 25 km. Dengan durasi perjalanan kurang lebih 20 – 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Sepanjang jalan, Sobat Turisian bisa memanjakan mata dengan panorama pantai. Plus view deretan pohon kelapa, hutan bakau (mangrove), serta pantai pasir putih dengan air laut yang berwarna hijau dan biru terhampar luas sejauh mata memandang.

Baca juga: Tiga Tempat Wisata di Alor NTT yang Bikin Betah dengan Sajian Ragam Aktivitas Seru

Tanjung Kajuwulu merupakan kawasan wisata yang pengelolaannya di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka. Letaknya sangat strategis karena memiliki konektivitas dengan destinasi wisata sekitarnya. Seperti Nusa Kutu, Agrowisata Magepanda, Bukit Salib, dan Taman Wisata Alam Laut Teluk Maumere.

Objek wisata ini lebih ramai pengunjung saat sore hari. Di sini Sobat Turisian dapat menikmati berbagai aktivitas yang seru. Di antaranya berenang, diving, snorkeling, menikmati panorama pantai saat sunset dan sunrise. Hingga menikmati hamparan padang rumput ilalang kering di periode Juni hingga November.

Sementara di Bukit Tanjung Kajuwulu, pemandangannya akan terlihat segar ketika memasuki musim penghujan. Di mana Sobat Turisian bisa melihat perbukitan tersebut yang berwarna hijau dan lebih cantik sebagai spot foto.

Fasilitas Pendukung Wisata

Sebagai objek wisata, tempat ini sudah memiliki beragam fasilitas wisata dan infrastruktur sudah dapat Sobat Turisian nikmati. Seperti gazebo, menara pandang, lampu-lampu taman, jalur pejalan kaki menuju pantai, toilet, dan ruang ganti.

Baca juga: Mengenal Tari Caci, Tari Perang dari Manggarai Flores NTT

Sedangkan untuk biaya yang harus Sobat Turisian siapkan saat berwisata ke Tanjung Kajuwulu, hanya ongkos parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua tarifnya hanya Rp4.000, roda empat minibus Rp8.000, dan kendaraan truk/bus sebesar Rp12.000.*

 

Pos terkait