Pantai Pulo Manuk Lebak yang Memesona, Tempat Persinggahan Beragam Burung

Pantai Pulo Manuk Lebak
Pantai Pulo Manuk, Kabupaten Lebak, Banten. (Source: Dispar Kab. Lebak)

TURISIAN.com – Ketika Sobat Turisian berwisata ke Pantai Sawarna, bisa sekalian mampir ke Pantai Pulo Manuk. Objek wisata di Kabupaten Lebak tersebut, jika ke Sawarna dari arah Rangkasbitung, maka posisinya sebelum Desa Sawarna.

Di sini Sobat Turisian bisa menikmati keindahan pemandangan khas pantai pada umumnya. Tampak hamparan pasir putih halus dengan memiliki bibir pantai yang panjang. Tempat ini juga sangat cocok untuk tujuan liburan bersama keluarga atau pasangan.

Lokasi Pantai Pulo Manuk terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Dapat Sobat Turisian tempuh dari Sawarna dengan waktu sekitar 15-20 menit, menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat.

Selain menyajikan pesona alam, kawasan ini juga merupakan tempat persinggahan bermacam-macam jenis burung dari berbagai negara. Pulau ini berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai, jadi Sobat Turisian bisa menginjakkan kaki di sana jika air laut dalam keadaan surut.

Saat Pulo Manuk sedang surut itulah, Sobat Turisian bisa melihat berbagai macam burung. Seperti burung kuntul dan camar yang sedang mencari makan di hamparan karang yang luas.

Baca juga: Samaun Hill Park Surga Liburan Keluarga di Kabupaten Lebak

Terkait tiket masuknya, Sobat Turisian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena harganya sudah termasuk ongkos parkir, sekitar Rp5000 untuk motor dan Rp20.000 untuk mobil.

Aktivitas Pantai Pulo Manuk

Berlibur di sini, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Sobat Turisian lakukan. Di antaranya kalian bisa bermalam seru di tepi pantai dengan berkemah.

Pemandangan indah dari laut dan deburan ombak Pantai Pulo Manuk akan sangat menenangkan pikiran di malam hari. Saat pagi hari kalian pun bisa menikmati indahnya pemandangan sunrise. Suasana di kala senja pun jangan kalian lewatkan karena pesona sunsetnya juga memukau.

Sobat Turisian juga dapat menikmati kegiatan swafoto atau fotografi dengan spot-spot eksotis di sini. Hasil fotonya jamin instagenic banget buat koleksi foto di akun medsos.

Hal menarik lainnya, Sobat Turisian bisa mencoba memberi makan monyet dan lutung di sekitaran Pantai Pulo Manuk. Makanannya berupa kacang atau camilan lainnya. Namun pastikan dulu tidak ada barang yang dapat menarik perhatian monyet atau lutung karena bisa saja hewan-hewan tersebut mengejarnya.

Baca juga: Petualangan Seru ke Goa Langir Sawarna di Kabupaten Lebak Banten

Bagi Sobat Turisian yang senang berolahraga, bibir pantai ini juga asyik untuk sarana jogging. Kalian pun akan asyik melakukannya di pagi hari karena ditemani matahari terbit dan udara bersih yang masih asri. Tentunya dapat menenangkan pikiran dan membakar kalori saat berlari tersebut.

Akses Menuju Pantai Pulo Manuk

Objek wisata pantai ini berlokasi di Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, ini memiliki akses yang cukup mudah. Sobat Turisian bisa menjangkaunya dengan melewati berbagai jalur alternatif yang tersedia, antara lain rute timur, rute barat, dan dari arah Kota Bandung.

Bagi Sobat Turisian yang ingin menempuh rute timur menuju Pantai Pulo Manuk, perjalanan bisa bermula dari Jakarta. Selanjutnya melalui Cibadak, Cikidang atau kota Cijeruk. Dari rute ini akan berakhir di daerah Pelabuhan Ratu. Jika sudah sampai di Pelabuhan Ratu, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju ke daerah Cisolok untuk tiba di tujuan akhir, yaitu Sawarna.

Kemudian yang ingin menempuh rute barat, Sobat Turisian hanya perlu mengikuti rute Jakarta menuju ke Kota Cilegon. Setelah itu, lanjut perjalanan menuju Anyer. Kemudian, dari Anyer kalian teruskan menuju Labuan dan menyusuri jalur ke Desa Sawarna, Banten.

Baca juga: Lepas Kepenatan dengan Bersantai Ria di Bukit Curahem Shorea Forest Lebak

Nah, untuk Sobat Turisian yang berdomisili di Kota Bandung, bisa menempuh jalur alternatif ke Pantai Pulo Manuk. Kalian hanya perlu menuju Cianjur terlebih dahulu. Selanjutnya menuju kota Sukabumi. Dari Sukabumi teruskan melalui daerah Cibadak hingga sampai di  Pelabuhan Ratu dan Cisolok. Dari situ tinggal lanjutkan hingga tiba di Sawarna.*

Pos terkait