Meriahkan Imlek, Yogyakarta Hadirkan Pameran Sinthjia

Pameran Sinthjia

TURISIAN.com – Dalam rangka memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2023, Yogyakarta menghadirkan event Pameran Seni Tionghoa “Sinthjia”. Acara tersebut akan berlangsung tanggal 17 hingga 25 Januari 2023. Bertempat di Bentara Budaya Yogyakarta, Jl. Suroto No 2, Kota Baru, Yogyakarta.

Sinthjia sendiri adalah sebuah kata dari Bahasa Tionghoa yang artinya “Selamat Tahun Baru”. Kata ini menjadi judul pameran seni tersebut. Dengan harapan di Tahun Kelinci dalam kalender Cina ini, mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan, setelah beberapa tahun belakangan ini dunia terkena pandemi.

Di Pameran Seni Tionghoa Sinthjia, Sobat Turisian bisa menyaksikan berbagai macam seni. Mulai dari seni rupa, kartun, karikatur, komik strip, cerpen, cergam, foto-foto. Serta berbagai seni lainnya yang lazimnya ada pada sebuah terbitan koran atau majalah.

Baca juga: 5 Kuliner Enak Yogyakarta yang ‘Anti Gudeg’, Apa Saja?

Sumbernya mengambil dari beberapa majalah dan koran Tionghoa yang terbit dari masa Antarbellum. Yaitu masa sesudah Perang Dunia I, masa Belanda, Jepang, dan awal Republik Indonesia. Sekitar tahun 1910-an sampai 1960-an. Koran dan majalah itu antara lain Sin Po, Star Weekly, Star, Pancawarna, Cermin, Istri, Fu Len, dan Hoakiao.

Pembukaan Pameran Seni Tionghoa Sinthjia sudah berlangsung pada Senin, 16 Januari 2023 kemarin. Acara terselanggara mulai pukul 19.00 WIB, di Bentara Budaya Yogyakarta. Dimeriahkan penampilan Rongyao dan Jazz Mben Senen.

Baca juga: Edukasi Budaya Sambil Rekreasi di Museum Kotagede Yogyakarta

Jadi buat Sobat Turisian yang ingin merayakan Hari Raya Imlek 2023 di Yogyakarta bisa mampir ke pameran seni Tionghoa tersebut. Sekalian jalan-jalan ke berbagai objek wisata yang ada di Jogja.*

 

 

Sumber & Foto: visitingjogja

Pos terkait