Wisata ke Pantai Koka di Kabupaten Sikka yang Indah Tiada Tara

Pantai Koka
Pantai Koka di Kab. Sikka, NTT. (Source: Disparbud Kab. Sikka)

TURISIAN.com – Kalau berwisata ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Sobat Turisian mesti berkunjung ke Kabupaten Sikka. Di sana banyak objek wisata alam yang menarik, seperti salah satunya ada Pantai Koka yang indah tiada tara.

Pantai yang memesona ini terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, NTT. Banyak juga menyebutnya sebagai Pantai Kembar. Karena di tengah hamparan pasir putih ada batu karang besar yang memisahkan pantai ini.

Jarak dari kota Maumere ke Pantai Koka berjarak sekitar 49,3 km. Sobat Turisian dapat menempuhnya kurang lebih 1 jam 19 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Objek wisata bahari tersebut selalu ramai wisatawan lokal maupun mancanegara. Terutama di hari libur dan akhir pekan. Selain keindahan pantainya, ada daya tarik lain berupa spot bukit di tengah pantai.

Dari atas bukit di tengah Pantai Koka itu, Sobat Turisian bisa menikmati pesona alam sekitar dari atas ketinggian. Serta keindahan pantai yang ada di sisi timur dan barat bukit. Di sini pun sangat keren untuk menjadi spot swafoto yang eksotik dan instagenic.

Aktivitas Wisata di Pantai Koka

Sama seperti pantai selatan lainnya, pantai di Sikka yang satu ini juga memiliki ombak besar. Tapi masih cukup aman buat Sobat Turisian yang mau berenang di pantai. Di sekitar pantai kalian pun dapat menikmati kuliner lokal yang warga jajakan, sembari menyelami indahnya pantai ini.

Baca juga: Liburan Dulu ke Tanjung Kajuwulu di Kabupaten Sikka yang Memukau

Ombaknya yang besar ini menjadi ciri khas Pantai Koka, sehingga terkenal menjadi pilihan lokasi berselancar. Ketinggian ombaknya bisa mencapai kurang lebih 1,5 meter dengan terpaan yang sangat kuat.

Tampak pula hamparan pasir putih dan birunya laut yang menjadi daya tarik tersendiri. Air laut di pantai ini begitu jernih dan masih alami belum banyak terjamah tangan-tangan jahil.

Jernihnya air di Pantai Koka, membuat Sobat Turisian bisa melakukan snorkeling atau menyelam dengan nyaman untuk melihat keindahan bawah lautnya. Pesona terumbu karang dan biota lautnya sangat memukau serta kelestariannya masih terjaga.

Destinasi wisata bahari di NTT ini juga menyajikan pantai yang asri dan bersih. Jalan-jalan di atas pasir lunak menjadi salah satu aktivitas favorit di malam hari yang bisa Sobat Turisian coba. Sebelum malam tiba, kalian pun bisa menikmati keindahan sunset terlebih dahulu di kala senja.

Fasilitas Tempat Duduk & Penginapan

Di tepi Pantai Koka pun sudah tersedia banyak tempat duduk dari bambu buatan warga setempat. Sobat Turisian bisa duduk santai tanpa harus membayar sewa.

Lebih nikmat lagi sambil minum kopi atau minuman ringan, kelapa muda. Plus makan jagung bakar muda, pisang goreng dan camilan lainnya. Ada juga pilihan ikan bakar untuk mengenyangkan perut yang lapar.

Baca juga: Tiga Tempat Wisata di Alor NTT yang Bikin Betah dengan Sajian Ragam Aktivitas Seru

Buat Sobat Turisian yang ingin bermalam di area Pantai Koka, bisa menginap di 4 pondok sederhana yang tersedia. Pondok penginapan ini buatan warga setempat dengan fasilitas yang terbatas.

Kalau mau penginapan yang lebih dari pondok tersebut, bisa memilih motel di pusat kecamatan, Paga. Berjarak sekitar 5 km dari Pantai Koka. Jika sulit menemukannya, kalian bisa bertanya kepada masyarakat setempat yang ramah.*

 

Pos terkait