Ayo Ajak Keluarga Liburan ke Desa Wisata Plosokuning Yogyakarta!

Desa Wisata Plosokuning
Desa Wisata Plosokuning Sleman DIY. (Source: jadesta.kemenparekraf)

TURISIAN.com – Liburan kali ini, Sobat Turisian bisa ajak keluarga berkunjung ke Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di sini tak hanya menikmati wisata candi atau wisata Merapi saja. Kalian pun bisa menikmati liburan ala pedesaan di sejumlah desa wisata yang ada. Salah satunya Desa Wisata Plosokuning.

Desa wisata yang satu ini berada di Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY. Usianya sudah cukup tua, lahir di tahun 1800-an Masehi. Nama desa ini terinspirasi oleh Pohon Ploso yang berwarna kuning dan banyak tumbuh di persawahan petani desa tersebut ketika desa ini mulai pendirian.

Ada berbagai daya tarik dari Desa Wisata Plosokuning tersebut yang bisa Sobat Turisian nikmati bersama keluarga. Di antaranya pertanian salak yang asri, udara yang sejuk, dan menyajikan panorama alam yang indah dan menyenangkan.

Tak hanya itu, desa wisata Yogyakarta ini pun memiliki jalur sungai dengan air yang bening dan bersih. Lalu ada aneka tebing yang indah, seperti tebing lumut dan tebing selimut rumput yang indah akan Sobat Turisian temukan di sini.

Baca juga: Merasakan Sensasi “Live In” di Desa Wisata Tanjung Sleman

Di Desa Wisata Plosokuning terdapat satu-satunya tebing warna-warni di Indonesia. Tidak hanya tebing dan aliran sungai, desa wisata ini juga memiliki potensi keindahan yang lain, berupa air terjun, situs-situs legenda, dan Sumur Panguripan. Sungguh lengkap atraksi wisata yang bisa kalian nikmati saat berlibur.

Aktivitas Wisata di Desa Plosokuning

Sebagai sebuah kawasan wisata, desa ini pun memiliki satu ikon yang menjadi titik akhir penyusuran tracking sungai, yakni Kedung Kuning. Spot kolam yang menawarkan berbagai macam permainan yang patut Sobat Turisian coba keseruannya. Seperti jembatan goyang, air mancur, rakit getek bambu, egrang, dan lain-lain.

Jangan lewatkan pula, berbagai spot foto yang tersedia di Desa Wisata Plosokuning. Tentunya dengan hasil foto yang ciamik dan instagenic banget buat kalian unggah di media sosial.

Baca juga: Menyusuri Kedung Nganten Sleman yang Menakjubkan Mirip Grand Canyon

Masih ada pula atraksi wisata edukasi dan seni budaya yang tak kalah seru, serta dapat menambah wawasan Sobat Turisian. Di antaranya giat membatik, Seni Tari Kubro, dan kegiatan praktik pertanian yang siap memanjakan kalian ketika berada di desa wisata tersebut.*

 

 

Pos terkait