Menyusuri Kedung Nganten Sleman yang Menakjubkan Mirip Grand Canyon

Kedung Nganten Sleman
Kedung Nganten Sleman. (Source: Dispar Sleman)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian penikmat wisata alam dan senang beraktivitas di alam terbuka, mesti datang ke Sleman, Yogyakarta. Di sini banyak objek wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya yang jarang orang ketahui, yaitu Kedung Nganten Sleman. Lokasinya di Desa Wisata Nawung, Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Mungkin Kedung Nganten Sleman masih terdengar asing atau belum banyak yang mengetahuinya. Namun jangan salah, pesona keindahan yang tersaji tak main-main. Sobat Turisian akan terpukau dan betah berada di tempat ini.

Objek wisata alam ini berupa aliran sungai sepanjang 1,5 km dengan dinding lempeng-lempeng batuan yang bergurat indah di sepanjang tepi sungai. HIngga tak sedikit yang menyebut Kedung Nganten sebagai Grand Canyon-nya Sleman.

Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Kedung Nganten konon berasal dari kisah seorang dukun. Sosok dukun tersebut menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk mempertemukan pasangan pengantin sebagai suami istri yang sah.

Begitu tiba di lokasi, Sobat Turisian akan takjub dengan pemandangan alam yang sangat indah. Gemericik air sungai mengalir penuh kesegaran. Bongkahan dan dinding bebatuan tadi makin menambah kesan eksotis. Ada lagi pepohonan sekitar sungai yang asri semakin membuat pengunjung betah berlama-lama di objek wisata Yogyakarta ini.

Baca juga: Cari Tempat Buat Ngadem di Yogyakarta? Datang Saja ke Kaliadem Sleman!

Batu-batu indah itulah yang menjadi daya tarik Kedung Nganten Sleman. Bongkahan batu ini tampak sudah terbentuk ratusan tahun yang lalu. Prosesnya, batu-batu tersebut mendapat aliran air sepanjang tahun sehingga menimbulkan cekungan di permukaan batu.

Akses & Aktivitas di Kedung Nganten Sleman

Kalau Sobat Turisian tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata Jogja ini, harus menyiapkan fisik yang prima. Aksesnya cukup menguras tenaga dengan menuruni bukit karena lokasinya berada di bagian bawah Desa Nawung yang berupa perbukitan.

Suasananya yang tenang sangat tepat sebagai tempat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Selain itu juga cocok bagi Sobat Turisian yang suka tantangan. Di sini, pengelola menyediakan aktivitas alam berupa susur sungai Kedung Nganten yang wajib kalian coba.

Kedung Nganten Sleman, kalau Sobat Turisian telusuri makin ke bawah, suasana dan pemandangannya makin menakjubkan. Destinasi ini pun sangat menarik buat lokasi berburu foto yang keren dan instagenik. Namun Sobat Turisian harus hati-hati karena banyak batuan yang licin dan rawan untuk tergelincir.

Baca juga: Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Bertingkat yang Menakjubkan di Yogyakarta

Di kawasan wisata Yogyakarta ini juga terdapat kedung lain yang sejenis. Di antaranya Kedung Dukun, Kedung Ngaron, Kedung Dowo, Kedung Kendil, dan Kedung Pasangan.*

 

Pos terkait