Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Bertingkat yang Menakjubkan di Yogyakarta

Grojogan Watu Purbo
Grojogan Watu Purbo, di Sleman, DIY. (Source: Dispar Sleman)

TURISIAN.com – Daya tarik wisata Yogyakarta memang tak ada habisnya, mulai dari alam, kuliner, hingga budaya semuanya ada, hampir di setiap daerah. Seperti di Kabupaten Sleman, terdapat banyak objek wisata menarik bahkan hingga viral di media sosial. Salah satuya objek wisata alam Grojogan Watu Purbo.

Grojogan Watu Purbo terletak di Bangunrejo, Tempel, Sleman. Grojogan ini merupakan tempat wisata alam dengan air terun bertingkat yang menakjubkan. Cocok buat Sobat Turisian yang ingin berwisata alam dengan pemandangan fotogenik ala Instagram.

Objek wisata Sleman yang satu ini sebenarnya buatan pemerintah setempat pada tahun 1975. Bertujuan untuk menahan lava erupsi Gunung Merapi. Bentuk awalnya merupakan dam atau sabo dengan 6 trap grojogan yang desainnya sedemikian rupa. Kemudian di tahun 2017 penduduk melihat bahwa kondisi dam tersebut telah teraliri air, lalu mereka memberi tambahan batu di bagian kanan dan kiri.

Setelahnya, masyarakat setempat menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata secara spontan. Beberapa tempat dirapikan untuk membuat suasana lebih nyaman, dengan tambah pula toilet, taman bunga, pendopo dan beberapa gazebo.

Aktivitas Seru di Grojogan Watu Purbo

Kala berkunjung ke air terjun ini, ada beragam aktivitas menarik yang bisa Sobat Turisian lakukan. Di antaranya menikmati pemandangan alam Gunung Merapi yang terlihat jelas dari grojogan tersebut. Pemandangan khas pegunungan yang sejuk bisa Sobat Turisian dapatkan di tempat wisata ini.

Baca juga: Nikmati Pesona Keindahan Merapi dan Sekitarnya dari Gardu Pandang Kaliurang

Kemudian keberadaan taman bunga menjadikan objek wisata ini mempunyai pemandangan yang lebih asri. Sobat Turisian pun bisa berfoto selfie dengan teman atau keluarga. Nikmati bermain air dan berbagai keseruan di sana.

Biaya Masuk & Parkir Kendaraan di Grojogan Watu Purbo

Tempat wisata Grojogan Watu Purbo terletak di Sleman, Yogyakarta dan bisa Sobat Turisian akses menggunakan kendaraan pribadi agar sampai langsung ke lokasi. Kalian juga bisa menyewa kendaraan untuk ke sana dengan jumlah rombongan yang lebih besar. Untuk kendaraan umum terlihat belum ada rute khusus ke sana.

Memasuki kawasan wisata Jogja ini, Sobat Turisian tak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Hanya ada biaya parkir kendaraan yang masih terjangkau. Untuk motor sebesar Rp5 ribu, mobil sekitar Rp10 ribu, bus kecil sebesar Rp30 ribu, dan bus besar perlu bayar sebesar Rp50 ribu.

Baca juga: Desa Wisata Kali Opak Tujuh Bulan Sleman, Wisata Kekinian dengan Spot Foto Instagrammable

Biaya tersebut merupakan harga biaya parkir untuk satu hari penuh. Jadi setelah Sobat Turisian membayar biaya parkir tersebut, tak ada lagi penambahan biaya setiap jamnya.*

Pos terkait