Liburan Asyik di Desa Wisata Pasir Bungur Banten, Banyak Atraksi Serunya!

Desa Wisata Pasir Bungur
Arung Jeram Sungai Cibareno di Desa Pasir Bungur, Lebak, Banten. (Source: Dispar Kab. Lebak)

TURISIAN.com – Jika Sobat Turisian bosan berlibur dengan jalan-jalan di kota besar, berarti sudah saatnya mencoba liburan ke pedesaan. Dengan sajian suasana asri dan ragam atraksi wisata khas pedesaan yang bikin seru.  Nah semua itu bisa Sobat Turisian dapatkan kalau datang ke Desa Wisata Pasir Bungur, Lebak, Banten.

Desa Wisata Pasir Bungur ini merupakan salah satu desa di Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di desa ini terdapat Sungai Cibareno yang menjadi batas pemisah antara Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat.

Keberadaan Sungai Cibareno inilah yang pemuda setempat manfaatkan menjadi daya tarik wisata desanya. Cibareno pun berubah menjadi objek Wisata Arung Jeram atau ORAD. Sobat Turisian wajib liburan ke Desa Wisata Pasir Bungur, sambil merasakan sensasi arung jeramnya.

Daya Tarik Utama Desa Wisata Pasir Bungur 

Keungulan Sungai Cibareno ini, antara lain airnya bersih dan debit atau arus airnya besar. Pemandangan alam sekitarnya juga masih natural sehingga bikin betah.

Tak hanya itu, ekosistem jenis-jenis ikan di sungai ini pun masih terjaga dan melimpah. Sehingga memiliki daya tarik yang istimewa dan berbeda dengan wisata arung jeram di tempat lain.

Baca juga: Lepas Kepenatan dengan Bersantai Ria di Bukit Curahem Shorea Forest Lebak

Selain arung jeram, di Desa Wisata Pasdir Bungur Banten ini, Sobat Turisian juga bisa mencoba sensasi aktivitas ekstrem lainnya. Seperti body rafting, river tubing, atau trekking ke wisata alam Bukit Gunung Batu.

Untuk mencoba sensasi atraksi seru tersebut, Sobat Turisian akan dipandu tim Arum Deras. Salah satu operator wisata arung jeram di Sungai Cibareno yang beralamat di Kampung Bantar Awi, Desa Pasir Bungur, Lebak, Banten.

Arum Deras ini berdiri pada 2018 oleh para pemuda setempat dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Arung Jeram. Berlokasi di Kp. Bantar Awi RT 03/RW 07 Desa Pasir Bungur, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten.

Atraksi Lain & Fasilitas di Desa Pasir Bungur 

Kalau tidak suka aktivitas yang menguras tenaga dan memacu adrenalin tersebut, Sobat Turisian bisa memilih atraksi lain khas pedesaan di tempat ini. Di antaranya ada atraksi Ulin Cai atau Lomba Ngalun menggunakan tubing; lomba membuat kincir angin.

Kemudian ada pula Atraksi mengambil ikan di tambak; Aktivitas “ngagugudeg” mengambil ikan di sungai; dan Atraksi “marak” yang juga aktivitas mengambil ikan di sungai. Mayoritas mengandalkan potensi Sungai Cibareno dan alam di Desa Pasir Bungur.

Baca juga: Sensasi Arung Jeram di Sungai Ciberang Banten Cukup Menantang dan Seru

Desa wisata di Lebak, Banten ini pun sudah memiliki fasilitas pendukung wisata yang cukup memadai. Antara lain areal parkir, balai pertemuan, kamar mandi umum, musala, selfie area, spot foto, wifi area. Bagi Sobat Turisian yang berminat menginap, bisa menyewa homestay yang tersedia di desa ini.*

 

Pos terkait