Yuk Wisata ke Taman Konservasi Hutan Mangrove Desa Pasar Banggi Rembang!

Hutan Manggrove Pasar Banggi
Hutan Manggrove Pasar Banggi, Rembang, Jateng. (Source: Dinbudpar Kab. Rembang)

TURISIAN.com – Sejak mengalami abrasi pantai yang parah pada akhir tahun 1990-an di Rembang, warga pun berjuang untuk melestarikan alam. Salah satu hasilnya hadirnya kawasan wisata Taman Konservasi Hutan Mangrove Desa Pasar Banggi, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Penyebab abrasi di hutan mangrove wilayah Kecamatan Rembang Kota tersebut, karena banyak penebangan hutan bakau untuk pembukaan tambak udang yang masif. Tetapi, warga Kaliuntu di bawah komando pelestari lingkungan Mbah Suyadi pantang menyerah dengan kondisi alam.

Mereka pun kembali menanam sebatang demi sebatang pohon mangrove dan merawatnya dengan baik. Tanpa henti penanaman pohon mangrove terus warga lakukan hari demi hari. Penanaman mangrove seolah menjadi budaya bagi warga hingga saat ini. Sampai akhirnya terbentuk Taman Konservasi Hutan Mangrove Desa Pasar Banggi, Rembang.

Usaha warga itu pun berlangsung selama 30 tahun dan hasilnya mengagumkan. Warga Pasar Banggi itu berhasil menghadirkan hutan bakau seluas 22 hektare dengan panjang hingga 3 kilometer terhampar gagah di pesisir pantai Rembang.

Hutan mangrove Pasar Banggi pun menjadi salah satu hutan bakau terpanjang di Pulau Jawa. Bahkan kawasan ini mencatatkan diri sebagai salah satu hutan mangrove dengan varietas mangrove terbanyak di Indonesia. Tercatat ada enam varietas yaitu Rhizophora Sp, Rhizopora apiculata, Avicenia marina, Avicena alba, Soneratia alba dan Xilocarto Sp yang tumbuh subur.

Baca juga: Rumah Oei Lasem, Bangunan Heritage yang jadi Spot Kuliner Favorit di Rembang

Bagi Sobat Turisian yang tertarik datang ke sini, jika berangkat dari arah barat akan menemukan tempat wisata ini setelah keluar dari gerbang batas Kota Rembang. Sedangkan dari arah timur, kalian akan melihat objek wisata tersebut kalau sudah keluar dari Kota Lasem.

Tiket Masuk & Aktivitas Wisata di Hutan Mangrove

Biaya masuk Hutan Mangrove Pasar Banggi Rembang sangat terjangkau dan sudah satu paket dengan ongkos parkir kendaraan. Harganya hanya sekira Rp5.000 untuk pemotor dan Rp10.000 untuk yang memakai mobil.

Di tempat wisata ini, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan hutan dengan pemandangan laut lepas. Kemudian hunting foto dan swafoto dengan spot-spot yang cantik dan tentunya instagenic banget. Serta menanti momen sunset di kala senja yang memesona.

Di dalam Hutan Mangrove Pasar Banggi Rembang terdapat sebuah jembatan unik berwarna merah siap mengantarkan langkah kaki Sobat Turisian menyusuri kawasan hutan mangrove nan damai. Jembatan ini juga sangat keren buat spot foto kalian. Tambah lagi deretan gazebo dan dekorasi kursi-kursi yang tersedia untuk bersantai wisatawan.

Baca juga: Menyambangi Pantai Caruban Rembang yang Menawan

Bergeser ke sore hari, Sobat Turisian bisa menikmati atraksi berbagai macam burung yang menghuni kawasan hutan. Sembari menikmati senja merah jingga atau sunset di ufuk barat. Jadi, tunggu apa lagi Sob! Datang dan rasakan sendiri sensasi berlibur di tempat wisata alam Kabupaten Rembang yang satu ini.*

Pos terkait