Museum Wayang Kekayon, Tempat Rekreasi dan Edukasi Wayang di Yogyakarta

Museum Wayang Kekayon
Museum Wayang Kekayon, Bantul, Yogyakarta. (Source: Pemkab Bantul)

TURISIAN.com – Museum Wayang Kekayon di Bantul, DI Yogyakarta menjadi tujuan rekreasi sambil edukasi soal wayang. Sobat Turisian sangat cocok mengajak keluarga mampir ke sini saat liburan ke Jogja nanti.

Tempat wisata edukasi budaya ini, pendiriannya oleh Prof. Dr. dr. KPH Soejono Prawirohadikusumo, SpS SpKJ ( 1928-2005 ), seorang guru besar Fakultas Kedokteran UGM. Lokasinya terletak di Jalan Yogya-Wonosari  No. 277, Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY.

Pembangunan Museum Wayang Kekayon Yogyakarta ini mulai secara bertahap, bata demi bata sejak tahun 1980. Pelaksanaannya secara swadaya hingga selesai tahun 1987 sesuai Surya Sengkala di depan Pendopo “Kekayon Siyaga Angesti Wiyata”. Peresmian museum berlangsung pada 5 Januari 1991 oleh KGPAA Pakualam VIII.

Di sini Sobat Turisian dapat melihat dan mempelajari koleksi wayang, mulai sejak Prof. Soejono menempuh masa pendidikan pasca sarjana di Belanda. Di mana beliau tertantang seorang opas museum di Belanda bahwa suatu “zonde” atau dosa bila di pusat budaya Yogyakarta tidak ada museum tentang wayang.

Baca juga: Desa Wisata Sriharjo Bantul Tawarkan Pengalaman Liburan yang Asyik dan Seru

Museum Wayang Kekayon Yogyakarta tersebut menempato lahan seluas sekitar 1,1 Hektare. Tempat ini sudah lengkap dengan fasilitas pendukung wisata. Di antaranya pendopo, parkir luas, taman, MCK, wisma yang bisa menyewanya untuk berbagai kegiatan. Destinasi wisata ini buka dari Senin – Sabtu, mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 14.30 WIB.

Koleksi Wayang Museum Kekayon

Wayang yang pertama kali hasil pembelian dari praktik dokter beliau, yaitu karakter Kyai Panuntun. Hingga saat ini koleksi Museum Wayang Kekayon telah mencapai lebih dari 6000 buah, lebih dari 40 jenis dan lebih dari 40 kotak wayang.

Selain wayang, ada pula koleksi benda budaya pendukungnya. Termasuk topeng, busana wayang, patung, gamelan, keris, dan aneka senjata tradisional lainnya. Koleksi tertua berupa Wayang Golek Thengul berusia 250 tahun yang berasal dari Jepara. Sedangkan koleksi terbanyak berupa wayang kulit berjumlah 2593 buah. Lalu unggulannya berupa Wayang Purwa tokoh Kurawa yang terbuat dari kulit kerbau.

Koleksi Museum Wayang Kekayon Yogyakarta termasuk terlengkap di Indonesia. Terdiri dari wayang kulit purwa-madyo-gedhog, baik gaya Jogja maupun Solo. Tambah lagi Wayang Klithik, Krucil, Wayang Golek Jawa-Sunda, Wayang Beber, Wayang Wong, Dupara, Madura, Bali, Lombok, serta dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Baca juga: Jurang Tembelan Bantul Sajikan Pesona Alam yang Mantap Betul

Termasuk wayang kontemporer karya seniman-seniman terkenal. Koleksi masterpiece museum wayang yang satu ini, antara lain 100 Wayang Kurawa lengkap dan Wayang Korelasi Zodiak.*

Pos terkait