Jurang Tembelan Bantul Sajikan Pesona Alam yang Mantap Betul

Jurang Tembelan Bantul
Jurang Tembelan Bantul, Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Berlibur ke Bantul jangan pernah lewatkan buat mampir ke Jurang Tembelan. Di tempat ini Sobat Turisian bisa puas menikmati pesona keindahan alam yang mantap betul. Bahkan bisa nyaman dan betah berlama-lama di objek wisata Yogyakarta yang satu ini.

Kalau dengar namanya, mungkin tempat wisata ini terbayang ngeri karea sebuah jurang. Namun faktanya berbanding terbalik, justru objek wisata ini bikin hati senang. Karena salah satu spot terbaik di Bantul ini menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata dan terkagum-kagum.

Di jurang Bantul ini Sobat Turisian bisa melihat deretan Pegunungan Sewu yang gagah berdiri. Tambah lagi ada view tenangnya Sungai Oyo yang terlihat memanjang membelah daratan. Membuat suasana alam di sini semakin eksotis.

Tak hanya itu, di Jurang Tembelan Sobat Turisian juga bisa menikmati keindahan sunset. Kalau kalian termasuk pecinta pemandangan dari ketinggian, tempat ini jadi pilihan yang mantap dan cukup menyenangkan untuk bersantai bersama keluarga.

Daya Tarik & Fasilitas Jurang Tembelan

Salah satu daya tarik objek wisata Bantul ini, terdapat banyak spot selfie yang eksotis dan instagenic. Jadi kalau ke sini jangan lupa bawa kamera terbaik.

Satu spot yang menjadi favoritnya adalah spot selfie yang berbentuk  perahu dan terbuat dari bambu. Perahu ini berukuran cukup besar sehingga muat untuk 3 sampai 5 orang. Dari titik ini, Sobat Turisian juga bisa melihat pemandangan yang indah.

Baca juga: Cari Tempat Liburan Keluarga yang Asyik? Datang Aja ke Desa Wisata Candran Bantul!

Pilihan waktu paling pas untuk berfoto selfie di sini, yakni saat turun kabut. Sehingga membuat kesan samudera di atas awan akan kita rasakan dan saksikan. Seperti yang sering kita dengar dari orang-orang.

Hal menarik lain dari Jurang Tembelan Yogyakarta, destinasi wisata ini tidak memungut biaya tiket masuk jika hanya sekadar berjalan-jalan. Tapi kalau Sobat Turisian ingin melakukan beberapa kegiatan lain seperti berfoto selfie di spot tertentu maka mesti bayar seikhlasnya.

Kawasan ini juga bisa jadi pilihan Sobat Turisian untuk melakukan pemotretan foto pre wedding.  Bahkan biayanya pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 50.000 saja. Kalian dan pasangan sudah bebas bergaya sepuasnya.

Fasilitas penunjangnya pun sudah cukup memadai, seperti kamar mandi, musala, warung makanan, dan area parkir kendaraan yang luas. Jika Sobat Turisian berkunjung ke sini menggunakan kendaraan pribadi, terkena biaya parkir Rp3000 untuk kendaraan bermotor, Rp5000 untuk mobil, Rp10.000 untuk elf, dan Rp 20.000 untuk bus.

Lokasi & Rute ke Jurang Tembelan Bantul

Jurang Tembelan berlokasi di Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Untuk mencapai kawasan ini Sobat Turisian tidak perlu bingung karena sudah tersedia banyak panduan dan petunjuk arah.

Bila berangkat dari arah Kota Yogyakarta, Sobat Turisian tinggal arahkan kendaraan ke arah selatan menuju Jalan Imogiri timur. Sampai Pasar Imogiri ambil ke arah kiri menuju makam Raja Imogiri. Dari situ akan menemukan pertigaan yang terdapat papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan. Ikuti jalan hingga sampai ke pintu masuk Kebun Buah Mangunan.

Baca juga: Berburu Kelezatan Ayam Ingkung, Makanan Tradisonal Khas Bantul

Usai melewati area parkir, Sobat Turisian akan masuk ke kawasan wisata Jurang Tembelan, tandanya berupa papan bertuliskan, “Selamat Datang”. Kalau ke sini, sebaiknya Sobat Turisian menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa karena akses menuju Jurang Tembelan sangat sulit untuk menemukan kendaraan umum.*

 

Pos terkait