5 Library Café di Bandung, Nongkrong Asyik Sambil Baca Buku

Library Cafe Bandung
Kineruku salah satu Library Cafe di Kota Bandung. (Source: Diskominfo Kota Bandung)

TURISIAN.com – Kini banyak bermunculan ragam kafe dengan konsep unik dan tempatnya instagramable. Salah satu yang lagi ngetren, yakni kafe yang mengusung konsep Library Café di Bandung. Pas banget buat Sobat Turisian yang gemar baca buku atau yang sedang ngerjain tugas.

Kafe-kafe tersebut mulai tersebar di berbagai sudut Kota Bandung dan selalu ramai pengunjung. Sobat Turisian wajib mengunjungi dan merasakan kafe dengan nuansa perpustakaan tersebut.

Berikut ini ada 5 rekomendasi Library Café di Bandung yang menarik buat Sobat Turisian. Baik kalian yang berstatus pelajar, mahasiswa, pekerja, atau orang-orang yang gemar membaca.

1. Kafe Kineruku Bandung

Library Café Bandung yang satu ini awalnya merupakan salah satu toko buku besar. Berdiri pada tahun 2003 dengan nama awal “Rumah Buku”. Lalu berganti nama sejak 2012 hingga saat ini menjadi Kineruku. Lokasinya berada di Jalan Hegarmanah No. 52, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141.

Kineruku termasuk salah satu tempat favorit bagi para peminat buku di Kota Bandung, karena selain koleksi buku yang cukup lengkap dan terdapat toko buku, suasana tenang dan asrinya menjadi salah satu alasan mengapa Kineruku banyak peminatnya.

Bagi Sobat Turisian yang mencari kafé yang bisa ngopi sambil mengerjakan tugas atau membaca, Kineruku jadi pilihan yang tepat. Kineruku buka setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 11:30 WIB – 17:30 WIB dan setiap hari Senin tutup.

2. Library Café Zoe Bandung

Berikutnya ada Library Café Zoe yang terletak di Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132. Tempat ini merupakan salah satu Library Café yang ada di Bandung yang memiliki nuansa vintage yang dapat membawa Sobat Turisian flashback ke masa lampau.

Baca juga: Rasakan Sensasi Suasana Pantai di Tiga Kafe Kota Bandung Berikut Ini!

Di sini, koleksi buku-bukunya pun cukup lengkap, mulai dari novel, komik Jepang, komik China, dan masih banyak buku menarik lainnya. Sobat Turisian bisa membaca koleksi buku di tempat ini secara gratis. Terkecuali jika kalian ingin meminjam atau menyewa buku yang ada di Zoe. Meminjam atau menyewa buku untuk membawanya pulang akan dikenakan biaya.

3. Groots Café Bandung

Groots Café merupakan salah satu kafe di Bandung yang mengusung konsep unik. Dulunya kafe ini bernama Little Wing, lalu tahun 2022 berubah nama menjadi Groots. Bangunan yang terdiri dari tiga lantai ini dulunya sebagai perpustakaan.

Sekarang Library Café Groots Bandung ini hanya mengggunakan lantai 1 dengan hiasan berbagai ornamen dari barang kreatif. Di Groots tersedia rak yang berisikan buku-buku yang dapat Sobat Turisian baca saat nongkrong di sini.

Koleksi bukunya cukup beragam, ada buku fiksi berbagai genre, sosial-politik, filsafat, sastra, buku-buku seni, desain, hingga buku bacaan untuk anak-anak. Tak hanya koleksi bukunya yang menarik, suasana di kafe Bandung ini juga sangat asri dan hijau. Bakal bikin nyaman dan betah berlama-lama di sini. Groots juga memiliki berbagai macam spot foto yang menarik, Sob!

Lokasi Library Café ini terletak di Jl. Cigadung Raya Barat No. 2, Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191. Buka setiap hari Selasa sampai Minggu, dari pukul 09:30 WIB – 22.30 WIB dan tutup hari Senin tutup.

4. Kedai Jante Bandung

Tempat ini termasuk ke dalam salah satu Library Café yang ada di Bandung. Kafé yang menyatu dengan Perpustakaan Ajip Rosidi, salah seorang budayawan Sunda. Lokasinya di Jl. Garut No. 2, Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271.

Sesuai dengan slogannya yaitu ‘Antara Rawon, Kopi, dan Buku-Buku’, Kedai Jante menyajikan menu makanan rawon, kopi, serta beberapa buku yang dapat Sobat Turisian baca. Kafe ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 10:00 – 20:00 WIB dan tutup setiap hari Minggu.

5. Ency Koffee Bandung

Selanjutnya ada Library Café di Bandung bernama Ency Koffee. Kafé yang tempatnya menyatu dengan Taman Bacaan Hendra. Berdiri sejak 1967, Taman Bacaan Hendra merupakan taman bacaan swasta tertua yang ada di Kota Bandung.

Baca juga: Berburu Kuliner Lezat di Gang Nikmat Kota Bandung

Di sini, Sobat Turisian bisa menikmati kopi, makanan, dan buku yang bisa dipinjam. Koleksi bukunya beragam dan cukup lengkap, dari komik hingga novel ada di Ency Koffee. Suasananya pun nyaman dan tenang.

Lokasi Ency Koffee berada di dekat Pasar Cihapit. Tepatnya di Jalan Sabang No. 28, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114. Buka setiap hari Senin hingga Sabtu, mulai dari pukul 11:00 WIB – 20:30 WIB.*

Pos terkait