Pantai Nyang-Nyang, Surga Tersembunyi Bali yang Tak Setenar Kuta dan Jimbaran

Pantai Nyang-Nyang
Pantai Nyang-nyang yang masih tersembunyi ini berada di ujung selatan Pulau Bali. Tepatnya di Jalan Uluwatu, Pecatu, Kuta Badung. Foto: iStock

TURISIAN.com – Pantai Nyang-Nyang, dimana itu? Pertanyaan ini wajar muncul. Sebab saat kita mendengar nama Bali, pikiran kiata akan tertuju ke Kuta, Sanur, Kedonganan, Atuh, Nusa Dua, Nusa Lembongan, atau Nusa Penida.

Tahukah kamu bahwa ada sebuah pantai di Bali bernama Pantai Nyang-Nyang yang tersembunyi di ujung selatan Pulau Bali, tepatnya di Jalan Uluwatu, Pecatu, Kuta Badung.

Letaknya persis sebelum Pura Uluwatu

Berbeda dengan pantai-pantai Bali lainnya yang sudah tenar dan banyak mendapat turis-turis asing. Pantai Nyang-Nyang masih belum tenar pada kalangan para turis.

Baik turis lokal maupun manca negara. Wajar saja jika pantai ini  tak banyak terlihat bule-bule berjemur dibawah hangatnya mentari seperti Pantai Kuta.

BACA JUGA: Inilah 5 Fakta Tentang Desa Bengkala di Pulau Bali yang Dikenal Sebagai Desa Bisu

Memiliki ombak besar dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, ternyata pantai ini sudah terkenal pada kalangan surfer profesional.

Hal itu terlihat dari petunjuk arah bertuliskan ‘Nyang-Nyang Beach Surfer’ yang bisa kamu temukan saat sudah mendekati pintu masuk pantai.

Jangan bayangkan Pantai Nyang-Nyang seperti Kuta atau Jimbaran yang dengan mudah bisa kamu gapai dan memiliki fasilitas yang memadai.

Untuk tiba  pada bibir Pantai Nyang-Nyang ada dua cara yang bisa kalian pilih. Pemerintah setempat sebenarnya sudah menyediakan jalan berkapur yang mudah dilalui. Hanya saja waktu tempuhnya cukup memakan waktu.

Cara yang kedua dan lebih cepat, Sobat Turisian, harus menuruni banyak anak tangga curam dan juga licin saat hujan.

Kondisi inilah, yang menjadi penyebab para turis enggan mengunjungi pantai ini. Padahal keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai Bali yang sudah terkenal lainnya.

BACA JUGA: Terpukau Keindahan Air Terjun Juwuk Manis di Jembrana Bali

Anak Tangga Menuju Pantai Nyang-Nyang

Perjuangan belum berakhir setelah selesai menuruni anak tangga. Kamu masih harus melewati pepohonan dan padang rumput hijau yang bentuknya seperti lapangan bola.

Setelah itu barulah kamu bisa bersentuhan langsung dengan  yang masih tergolong perawan ini.

Perlu stamina yang kuat untuk bisa sampai sini. Jangan lupa membawa perbekalan makanan dan minuman karena pada areal ini belum ada warung yang menjual makanan dan minuman.

Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi dan membuatmu tidak bisa menikmati keindahan dan ketenangan Pantai Nyang-Nyang.

Hamparan pasir putih yang luas akan menyambutmu setelah usai melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Butiran-butiran pasir yang sedikit kasar cocok untuk menciptakan efek terapi kaki.

Apalagi saat pasir pantai mulai hangat terkena sinar matahari.

BACA JUGA: Sensasi Pacu Adrenalin Lewat Surfing di Pantai Medewi Jembrana Bali

Pasir Putih Pantai Nyang-Nyang

Pantai Nyang-Nyang cocok untuk kamu yang ingin menjauhkan diri dari dunia gemerlap Bali dan mencari ketenangan.

Cara menikmati Pantai Nyang-Nyang yang paling tepat adalah dengan duduk santai di pinggir pantai sambil mendengar nyanyian alam. Karena ombak besarnya, pantai ini kurang cocok untuk berenang.

Tapi, tidak ada salahnya jika hanya bermain-main di pinggir pantai.

BACA JUGA: Wagub Bali Cok Ace Gerak Cepat Sidak Imigrasi, Ada Apa?

Berkemah di Pantai Nyang-nyang

Karena tidak banyak orang yang datang ke sini, pantai ini bisa menjadi pantai pribadimu. Menegakkan tenda camping, memasang api unggun.

Dan barbeque-an dimalam hari sambil bermain gitar ditemani beberapa orang teman. Ataupun keluarga dekat juga bisa menjadi pilihan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini.

Jika tidak suka camping, kamu bisa memilih penginapan disekitar Pecatu dan Pura Uluwatu. Banyak pilihan penginapan murah yang bisa kamu pilih disana.

Sekitaran pantai ini juga terdapat beberapa pantai lainnya yang bisa sekaligus kamu kunjungi seperti Pantai Green Bowl. Namun, tentunya pantai-pantai tersebut sudah cukup tenar di kalangan para turis di Bali.

BACA JUGA: Cari Pantai yang Tenang di Bali? Datanglah ke Pantai Kelecung Tabanan!

Usahakan mengunjungi Pantai Nyang-Nyang tidak di musim penghujan karena akan membuat jalan licin dan bisa membahayakanmu.

Gunakan pula kendaraan berbadan tinggi agar tidak rusak saat menyentuh jalan berbatu kapur menuju lokasi. Istirahat yang cukup untuk mengumpulkan stamina sempurna. Dan bawa segala kebutuhan pribadi khususnya air yang banyak.

Sobat Turisian, meskipun sunyi dan sulit untuk menggapainya. Tidak ada salahnya kamu mengunjungi Pantai Nyang-Nyang.

Paling tidak,  untuk sejenak menjauhi kehidupan perkotaan dan hidup berdampingan dengan alam dalam kesunyian.

Setelah sampai pada lokasi pantai ini, kamu akan langsung jatuh cinta  dan ingin balik lagi. ***

Pos terkait