Cari Tempat Liburan Keluarga yang Asyik? Datang Aja ke Desa Wisata Candran Bantul!

Desa Wisata Candran
Aktivitas membajak sawah di Desa Wisata Candran Bantul. (Source: Pemkab Bantul)

TURISIAN.com –  Bagi Sobat Turisian yang mencari tempat buat liburan akhir pekan bersama keluarga, arahkan perjalanan kalian ke Bantul Yogyakarta. Di kabupaten ini, ada destinasi wisata asyik yang seru dan menyenangkan, tempatnya Desa Wisata Candran.

Desa Candran merupakan salah satu desa wisata Yogyakarta yang terletak di Kebonagung, Imogiri, Kabupaten Bantul. Desa ini menawarkan keindahan alam dan suasana yang menenangkan bagi Sobat Turisian. Bahkan banyak aktivitas seru yang bisa Sobat Turisian lakukan.

Selain menawarkan daya tarik alam dan aktivitas wisata, Desa Wisata Candran juga ikut melestarikan kegiatan ritual Jawa. Antara lain kenduri, nyadran, wiwitan, dan kegiatan ritual Jawa lain. Jika Sobat Turisian datang ke desa wisata ini, bisa melihat langsung bagaimana keadaan dan keeksotisan ritual Jawa tersebut.

Tak hanya ritual Jawa, Desa Wisata Candran juga menyajikan kesenian tradisional untuk Sobat Turisian saat tiba di sini. Mulai dari Gejog Lesung dan juga kesenian yang lainnya.

Baca juga: Santai Sejenak Sambil Menikmati Keindahan Air Terjun Randusari Bantul

Sobat Turisian juga bisa menjajal permainan tradisional, seperti enggrang dan bakiak. Di waktu tertentu, ada salah satu yang menjadi daya tarik desa ini yaitu Festival Memedi Sawah. Sebuah festival tahunan yang menawarkan keindahan dan keunikan Memedi Sawah.

Setelah puas beraktivitas dan mengeksplor desa ini, saatnya Sobat Turisian mencicipi aneka kuliner khas Candran. Di antaranya Cemplon dan tumpeng Robyong yang lengkap dengan Ingkung Ayamnya.

Kegiatan Lain di Desa Wisata Candran

Kegiatan lain yang bisa Sobat Turisian lakukan, ada membatik, melukis caping, beraktivitas di sawah seperti naik kerbau sambil membajak. Kemudian bersepeda keliling desa, membuat emping dan makanan tradisional, belajar tari, dan lainnya. Tambah keramahan warganya yang bisa Sobat Turisian rasakan jika memilih menginap di homestay milik warga.

Saat berlibur di objek wisata ini, Sobat Turisian juga bisa sekalian mampir ke beberapa destinasi yang tidak jauh dari desa wisata tersebut. Ada Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri, Kawasan Mangunan, Goa Cerme, Goa Jepang, dan Kawaan Parangtritis.

Baca juga: Berburu Kelezatan Ayam Ingkung, Makanan Tradisonal Khas Bantul

Di desa wisata Yogyakarta ini juga terdapat Museum Tani Jawa. Di dalamnya Sobat Turisian bisa menambah wawasan seputar ragam peralatan pertanian masa lampau.*

Pos terkait