Pagoda Avalokitesvara Semarang, Bangunan Pagoda Tertinggi di Indonesia

Pagoda Avalokitesvara Semarang
Pagoda Avalokitesvara Semarang. (Source: Disbudpar Kota Semarang)

TURISIAN.com – Pagoda Avalokitesvara merupakan bangunan indah bagian dari Vihara Buddhagaya Watugong, Kota Semarang. Selain mengagumkan, bangunan ini menjadi pagoda tertinggi di Indonesia. Predikat tersebut bahkan sudah tercatat di MURI pada tahun 2006, sebagai pagoda tertinggi dan teranggun.

Objek wisata religi Semarang ini, memiliki tinggi mencapai 45 meter. Yang terbagi dalam 7 tingkatan ruang. Pembangunannya berlangsung sejak Agustus 2004 dan diresmikan pada tanggal 14 Juli 2005. Pagoda Avalokitesvara Semarang terkenal juga dengan nama Pagoda Kwan Im ini, letaknya berada tepat di jalan utama Vihara Buddhagaya Watugong.

Bagitu tiba di tempat ini, Sobat Turisian bisa merasakan nuansa budaya China yang kental. Keberadaan bangunan suci ini sebagai perwujudan Metta Karuna (cinta kasih) para Buddha di alam semesta ini. Sehingga tidak ada satupun orang yang diperbolehkan masuk sembarangan ke dalam tingkatan pagoda ini.

Di setiap tingkatan ruang terdapat patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke 4 penjuru. Dilengkapi pula dengan hiasan dan ornamen unik khas Negeri Tirai Bambu. Di dalam Pagoda Avalokitesvara terdapat patung Bodhisattva Avalokitesvara berukuran raksasa, serta 30 patung pemujaan. Spesialnya, pagoda dan seluruh interiornya menggunakan bahan bangunan yang diimpor dari China.

Baca juga: Mencoba Kelezatan Wedang Tahu, Kuliner Legendaris Semarang

Di luar pagoda di Semarang ini terdapat empat buah patung Dewi Kwan Im dan sebuah patung Panglima We Po. Bentuk bangunannya terdiri dari enam susun di atas dindingnya yang melingkari delapan sisi dengan sebutan Pat Kwa. Tiap-tiap sisi luar dindingnya ada sebuah Patung Dewi Kwan Im.

Vihara Buddhagaya Watugong Semarang

Vihara ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Buddha yang terletak di Pudakpayung, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Tepat berada di depan Markas Kodam IV/Diponegoro. Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdiri dari dua bangunan induk utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Dhammasala, serta beberapa bangunan lain.

Bangunan lain yang terdapat di dalam vihara, di antaranya Watugong, Plaza Borobudur, Kuti Meditasi, Kuti Bhikku. Kemudian ada Taman Baca masyarakat, Buddha Parinibana, Abhaya Mudra, dan Pohon Bodhi.

Baca juga: Ayanaz Gedong Songo, Tempat Wisata Kekinian dan Keren di Semarang

Pada mulanya, Vihara Buddhagaya hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Namun, dengan melihat arsitektur bangunan yang sangat kental dengan etnik Tiongkok dan Thailand, membuat Vihara ini juga berkembang menjadi objek wisata menarik. Vihara ini menjadi salah satu kebanggaan bagi warga Kota Semarang pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.*

 

Pos terkait