Gurih dan Lezatnya Nasu Cemba, Kuliner Khas Enrekang yang Patut Dicoba

Nasu Cemba
Nasu Cemba khas Enrekang, Sulsel.

TURISIAN.com – Beragam suku bangsa di Indonesia, turut melahirkan banyak kuliner khas daerah yang bercita rasa autentik dan tentunya lezat. Seperti Nasu Cemba yang merupakan kuliner khas Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Sobat Turisian wajib mencobanya saat berlibur ke daerah ini!

Meski tidak begitu populer, tapi Sobat Turisian wajib mencoba kelezatan makanan khas Enrekang yang satu ini. Nasu Cemba terdiri dari dua kata, yaitu “Nasu” yang berarti masakan dan “Cemba” berasal dari tumbuhan khusus dalam masakan ini. Jadi, nasu cemba bisa berarti masakan cemba.

Makanan khas Enrekang ini berbahan utama daging iga sapi yang dimasak dengan rempah dan bumbu khusus hingga terasa lembut. Nasu Cemba hanya menggunakan iga pilihan terbaik, yakni daging iga yang masih melekat pada tulangnya. Wah pasti bikin ngiler Sobat Turisian nih!

Biasanya, masyarakat Enrekang memasaknya secara tradisional di atas tungku api. Namun, sekarang sudah mengalami perubahan, banyak orang yang memasaknya menggunakan kompor gas.

Baca juga: Inilah Dangke, Keju Asli Buatan Indonesia Khas Enrekang

Selain bahan iganya terbaik, bumbu masakannya pun cukup berlimpah. Terdiri dari bawang putih, bawang merah, jahe, merica, dan kemiri yang telah ditumis. Tambah lagi lengkuas, sereh, dan sangrai kelapa. Semua bumbu ini bercampur di dalam rebusan daging yang sudah melembut.

Keistimewaan Nasu Cemba Enrekang

Paling istimewa, pada masakan Nasu Cemba Enrekang ada bahan khusus daun cemba muda yang membuat masakan bercita rasa khas. Daun cemba ini memberikan rasa asam yang unik dan menjadi pembeda dengan sop iga lainnya.

Tanaman Cemba (Acacia pennata) sendiri, biasa tumbuh liar di pinggiran gunung Enrekang. Bentuknya mirip dengan meniran, bedanya cemba memiliki tangkai-tangkai yang berduri.

Sobat Turisian bisa menyantap Nasu Cemba bersama nasi, ketupat, atau buras, seperti kebiasaan masyarakat Enrekang. Lebih mantap lagi dengan tambahan cabai tumis yang sangat pedas. Tapi tak usah khawatir, tingkat kepedasannya bisa Sobat Turisian sesuaikan.

Di daerah asalnya, kuliner khas Enrekang ini bukan makanan yang mudah untuk mendapatkannya. Bahkan rumah makan yang menyajikan nasu cemba sangat jarang. Masakan tersebut, biasa tersedia pada hari-hari khusus, seperti acara pernikahan, syukuran, dan hari Lebaran.

Baca juga: Tiga Tarian Tradisional Sulsel yang Memukau Saat Pementasannya

Meski sulit mendapatkannya, namun masih ada beberapa rumah makan yang menyajikan Nasu Cemba. Harga per porsinya pun masih terjangkau. Jika Sobat Turisian penasaran dengan rasa gurih dan kelezatan makanan ini, segera berkunjung ke Enrekang sambil liburan.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispopar Enrekang

Pos terkait