Santai Sejenak Sambil Menikmati Keindahan Air Terjun Randusari Bantul

Air Terjun Randusari
Santai di atas hammock di Air Terjun Randusari, Bantul, Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Liburan ke Yogyakarta berikutnya, tak ada salahnya Sobat Turisian arahkan ke Kabupaten Bantul. Di sana ada objek wisata Air Terjun Randusari yang memukau dan pas sekali buat Sobat Turisian santai-santai di alam terbuka sambil foto-foto cantik.

Nama Randusari untuk air terjun ini muncul karena di dekatnya terdapat pohon randu yang cukup besar. Sementara kata ‘sari’ bermakna utama dalam Bahasa Jawa.

Di masa lalu warga setempat memanfaatkan air terjun ini untuk pasokan air bersih. Namun, karena seiring perkembangan zaman tempat ini dirasa memiliki daya tarik yang tinggi sehingga mengubahnya menjadi tempat wisata.

Lokasi wisata air terjun ini berada di Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sobat Turisian butuh waktu sekitar 1 jam, jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dengan Taman Buah Mangunan dan Puncak Becici, serta Air Terjun Sri Gethuk. Jadi bisa sekalian Sobat Turisian kunjungi nih!

Air Terjun Randusari mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dan kedalaman kolam air jatuhannya hanya berkisar 1-2 meter. Selain pesona air terjunnya, di tempat wisata Bantul ini, Sobat Turisian pun bisa menikmati sajian suasana alam yang menenangkan hati. Tambah suara percikan air yang menyenangkan.

Di sini Sobat Turisian bisa puas bermain air sambil menikmati pesona alam Air Terjun Randusari. Lebih menarik lagi, Sobat Turisian coba menaiki hammock yang tergantung di antara pepohonan dekat air terjun. Kalian bisa bersantai ria sembari tiduran di atas hammock.

Baca juga: Yuk Piknik Seru Bersama Keluarga di Grand Puri Waterpark Bantul Yogyakarta!

Kondisi lingkungan di tempat wisata Bantul tersebut, cukup nyaman karena sangat terjaga kebersihannya, dan keasriannya begitu terasa. Airnya juga sangat jernih yang bersumber dari mata air Ngreboh. Pesona air terjun ini terbelah menjadi dua oleh sebuah batu, menambah Sobat Turisian semakin malas untuk beranjak dari tempat ini.

Namun perlu diingat, Sobat Turisian harus tetap berhati-hati berada di dekat air terjun ini. Pasalnya bebatuan di sini cukup licin dan bisa saja membuat kalian terpeleset.

 Fasilitas Air Terjun Randusari

Daya tarik berikutnya, di kawasan ini terdapat sejumlah gazebo buat Sobat Turisian bersantai sembari menikmati keindahan alam Air Terjun Randusari. Atau sekadar beristirahat sambil menikmati bekal makanan yang Sobat Turisian bawa.

Fasilitas penunjang lainnya pun cukup lengkap, mulai kamar mandi, tempat parkir, warung pedagang yang menjajakan jajanan. Jadi Sobat Turisian tak usah khawatir jika lupa membawa bekal dari rumah.

Tempat ini biasanya hanya buka di musim penghujan. Medan yang akan Sobat Turisian lalui pun relatif cukup mudah, namun tetap harus berhati-hati. Dari tempat parkiran, Sobat Turisian meski berjalan sekitar 200 meter atau sekitar 15 menit perjalanan menuju titik Air Terjun Randusari.

Untuk masuk ke objek wisata Yogyakarta ini, Sobat Turisian mesti bayar biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Hanya sekitar 2000 rupiah tiap orang dan tambah biaya parkir 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Randusari

Sedikit tips bagi Sobat Turisian yang tertarik datang ke objek Air Terjun Randuasri, harap menggunakan alas kaki untuk kegiatan outdoor yang anti licin. Sebab di saat musim penghujan kawasan ini cenderung becek, apalagi jika medan yang dilalui adalah tanah biasa. Kemudian jangan lupa membawa baju ganti, baik jika Sobat Turisian tertarik bermain air maupun tidak akan bermain air.

Baca juga: Berburu Kelezatan Ayam Ingkung, Makanan Tradisonal Khas Bantul

Selain tips di atas, demi keselamatan tetap waspada saat hujan turun. Saat bepergian ke wisata air terjun hati-hati dengan perubahan debit air. Sobat Turisian disarankan tidak berlibur ke tempat wisata ini setelah hujan, karena biasanya aliran air menjadi agak keruh. Lalu selalu jaga dan awasi anak-anak jika ikut bermain air.*

 

Pos terkait