Pantai Alam Indah, Tempat Asik Buat Nongkrong Sore di Kota Tegal

Pantai Alam Indah Tegal
Pantai Alam Indah di Kota Tegal, Jawa Tengah. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Saat singgah atau berlibur di Kota Tegal, Sobat Turisian bisa mampir ke objek wisata Pantai Alam Indah. Apalagi saat sore hari, tempat ini asik buat nongkrong dan menanti keindahan sang surya tenggelam di ufuk barat.

Pantai Alam Indah atau biasa disebut PAI berlokasi di Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur. Sobat Turisian hanya butuh waktu sekitar 10 menit menempuhnya dari Alun-alun Kota Tegal.

Pilihan waktu sore hari untuk berkunjung ke PAI memang lebih nikmat karena anginnya yang sepoi-sepoi sangat menyejukkan. Terlebih jika Sobat Turisian jika sedang penat menjalankan aktivitas harian, jamin langsung bisa segar kembali.

Di tempat wisata Tegal ini, Sobat Turisian bisa menikmati momen sunrise di pagi hari atau sunset kala senja.  Lanskap pantainya membentang luas hingga Sobat Turisian bisa leluasa melakukan berbagai aktivitas.

Meski tak berpasir putih, Pantai Alam Indah bisa menjadi lahan bagi Sobat Turisian untuk bermain pasir. Khususnya bagi anak-anak yang ingin berkreasi membuat istana pasir ataupun lainnya.

Spot Menarik Lainnya di Pantai Alam Indah

Selain menawarkan wisata pantai, PAI Tegal ini juga menyediakan area wisata kuliner dari UMKM sekitar. Sobat Turisian bisa mencicipi kelezatan aneka kuliner di kedai tepi pantai, sembari menikmati pemandangan. Beberapa spot menarik lainnya juga ada di sini, seperti danau mini dan juga Museum Bahari.

Baca juga: Enaknya Tahu Aci Khas Tegal, Makanan yang Pas Buat Ngemil Sore

Musem Bahari tersebut memamerkan berbagai pajangan senjata berat militer atau alat utama sistem pertahanan (alutsita). Di samping menjadi spot swafoto ciamik, tentunya Museum Bahari ini bisa jadi sarana edukasi bagi masyarakat. Terutama bagi anak-anak terkait pengetahuan tentang TNI Angkatan Laut dan lainnya. Sehingga tak hanya sekadar berwisata, tetapi anak-anak juga dapat menambah wawasan.

Oleh-Oleh Khas Kota Tegal

Jika Sobat Turisian berasal dari luar Kota Tegal, saat pulang nanti jangan lupa beli oleh-oleh buat dibawa pulang. Ada makanan khas Tegal, Tahu Aci pas untuk oleh-oleh. Salah satu penjual tahu aci ternama di Tegal, yaitu Tahu Aci Nata Jaya yang memiliki dua cabang. Ada di Jalan AR Hakim No. 100 dan juga di Jalan Diponegoro No.78, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Tak hanya tahu aci, di tempat tersebut juga tersedia aneka olahan tahu lainnya, seperti tahu pletok. Untuk tahu aci di sini, Sobat Turisian bisa membeli dengan tiga model penyajian, bisa mentah, setengah matang, dan juga matang.

Buat Sobat Turisian yang ingin langsung mencicipi renyahnya tahu ini, dapat langsung membeli dengan jenis tahu yang sudah matang. Namun jika ingin membawa pulang ke rumah, tahu setengah matang atau mentah bisa menjadi pilihan yang lebih pas.

Baca juga: Ragam Wisata Kuliner di Sepanjang Jalur Pantura yang Wajib Kalian Coba  

Setibanya bisa disimpan di kulkas jika tak ingin langsung menyantapnya. Harga oleh-oleh khas Tegal ini pun terbilang terjangkau, tergantung pada jenis penyajian dan paket kemasannya. Harganya kisaran mulai Rp25 ribu hingga Rp60 ribu. Selain tahu, di sini juga menyediakan aneka oleh-oleh khas Tegal lainnya, seperti Teh Poci dan masih banyak lagi.*

Pos terkait