Ragam Wisata Kuliner di Sepanjang Jalur Pantura yang Wajib Kalian Coba  

Jalur Pantura
Satu porsi Sate Blengong khas Brebes di Jalur Pantura yang dilengkapi dengan kuah lodeh bersantan. (Instagram//@kupatsate_blengong)

TURISIAN.com – Jalur Pantura merupakan jalur andalan yang kerap dilalui oleh warga. Terutama, saat mudik maupun arus balik Lebaran.

Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak sekali hidden gem wisata kuliner yang bisa ditemukan di Pantura?

Oleh sebab itu daripada stress karena macet di jalan. Lebih baik sobat Turisian melipir sejenak ke sejumlah tempat kuliner yang bertebaran di sepanjang jalur Pantura.

Aneka masakan rumahan tradisional khas wilayah Pantura ditawarkan dengan harga yang sangat bersahabat. Inilah sebabnya ragam wisata kuliner berikut wajib sekali untuk kalian coba.

Dikutip Turisian.com- dari visitjawatengah.jatengprov.go.id pada Rabu, 4 Mei 2022, berikut adalah ragam wisata kuliner di sepanjang jalur Pantura yang siap menyambut para petualang rasa.

BACA JUGA: Perhatikan Jadwal Ganjil Genap Lebaran Ini, Biar Tidak Diminta Putarbalik

Sate Blengong – Brebes

Siapa bilang Brebes hanya terkenal karena produksi bawang merahnya yang melimpah saja.

Kemudian selain telur asin merah yang memang sudah menjadi ikon Kota Brebes. Kalian juga bisa mencicipi kuliner khas lainnya seperti sate blengong.

Percayalah, menjelajah Brebes tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas sate daging blengong yang merupakan hasil kawin silang antara bebek dan entok.

Bahkan, konon katanya blengong ini hanya bisa dibudidayakan di wilayah Brebes saja. Dan sulit untuk ditemukan di daerah lainnya.

Ketika berada di jalur Pantura, salah satu kedai sate yang wajib sobat Turisian coba. Tempat tersebut adalah Sate Blengong Mbak Inah yang beralamat di sekitar kompleks Alun-alun Kabupaten Brebes.

BACA JUGA: Serunya Main Sampan di Telaga Kumpe Banyumas yang Indah, Pas Banget Buat Liburan Keluarga

Namanya juga kedai legendaris. Maka jangan heran jika tempat ini selalu ramai dipadati oleh para pengunjung. Letaknya yang strategis yakni di pinggir jalur Pantura juga menjadi alasan warung sate blengong ini begitu banyak peminatnya.

Di sini, satu sate tusuk sate blengong dihargai mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 8.000 saja. Tergantung dari jenis bagian dagingnya, misalnya campuran kulit, ati atau daging saja.

Ciri khas dari sate blengong adalah bentuk tusuknya sangat panjang, bahkan bisa sampai dua atau tiga kali tusuk sate pada umumnya.

Potongan daging blengong pun cukup besar, lalu yang lebih mantap adalah cita rasa sambal yang berwarna kemerahan yang dijamin akan menambah selera makan.

Nikmatilah pengalaman baru ketika mengunyah sate blengong yang kaya akan tekstur, sebab ketika digigit daging blengon sedik

BACA JUGA: Nyobain Kelezatan Pecel Mie Kenyol, Makanan Unik dari Batang Jawa Tengah

Sate Bumbon – Kendal

Sate bumbon sendiri merupakan olahan yang terbuat dari daging sapi yang diolah bersama dengan aneka bumbu dapur, dimasak dengan cara dibakar, lalu disajikan bersama dengan irisan lontong, sambal kacang, sayur lodeh serta tauge rebus.

Lantas, apa yang membedakan sate bumbon khas Kendal di jalur Pantura ini dengan ragam sate lainnya?

Sate bumbon jelas beda karena tidak dibakar dengan kecap, melainkan dengan bumbu seperti campuran dari jahe, kemiri serta bawang putih serta puluhan jenis rempah lainnya. Maka tidak heran banyak sekali orang yang menyebutkan bahwa kuliner yang satu ini memiliki rasa rempah yang sangat pekat.

Salah satu kedai sate bumbon yang paling tersohor adalah Warung Makan Sate Bumbon Pak Nur Samardi Putra.

Beralamat di Jalan Kyai H. Abdul Wahab, Pegandon Tengah, Pegandon, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal.

BACA JUGA: 15 Tempat Kuliner di Bandung Buat Pilihan Saat Libur Lebaran

Khusus di warung Sate Pak Nur, kalian akan disajikan seporsi sate dengan tambahan acar yang melimpah.

Ada juga pilihan kedai sate bumbon lainnya yang telah berdiri sejak tahun 1971, bahkan digadang-gadang tempat ini merupakan sate bumbon pertama di Waleri, Kendal.

Bernama Sate Bumbon Pak Darmaji, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pasar tradisional waleri di Penyangkringan, Kecamatan Waleri, Kendal.

Seporsi sate bumbon biasanya dipatok mulai dari Rp 20.000 saja, cukup murah untuk kekayaan rasa yang melimpah.

Sebelum berpulang untuk kembali ke kota, pastikan untuk mampir di tempat-tempat tersebut ya. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba rasa yang baru di sepanjang jalur Pantura? ***

Pos terkait