Serunya Main Sampan di Telaga Kumpe Banyumas yang Indah, Pas Banget Buat Liburan Keluarga

Telaga Kumpe Banyumas
Naik Sampan di Telaga Kumpe Banyumas. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Yuk ah liburan ke Banyumas! Di sana ada tempat wisata danau yang menarik Sobat Turisian kunjungi. Namanya Telaga Kumpe, yang menyajikan keindahan alam yang asri serta atraksi wisata naik sampan mengelilingi danau.

Telaga Kumpe berada di Gununglurah, Cilongok, Banyumas. Salah satu telaga di kaki Gunung Slamet yang tersembunyi dan masih asri. Bisa dibilang sebagai hidden gem wisata Banyumas. Pokoknya menarik buat liburan dan relaksasi tubuh dan pikiran.

Nama Telaga Kumpe lahir karena di sekitar telaga tumbuh tanaman bernama kumpe. Konon kumpe ini hanya tumbuh di kawasan ini dan di daerah Kaligua Brebes.

Untuk sampai ke Telaga Kumpe, Sobat Turisian akan menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Purwokerto. Akses jalan menuju ke sana sudah beraspal. Namun, cukup menantang karena jalannya yang berliku, agak sempit, menikung tajam, dan menanjak. Pastikan kendaraan yang Sobat Turisian gunakan siap untuk medan seperti itu dan harap hati-hati.

Meski perjalanannya cukup menantang dan bikin tegang, tapi akan terbayar dengan pemandangan yang masih sangat alami. Pohon yang sangat rindang, air yang jernih, dan udara yang begitu segar.

Baca juga: Menyegarkan Mata dan Tubuh di Wanasuta Dermaji Banyumas

Bahkan saking jernihnya air di telaga ini, sampai ikan yang hidup di dalamnya pun tampak jelas. Pohon-pohon di sekelilingnya pun terpantul ke permukaan telaga. Hingga memikat dan memanjakan mata, serta mendamaikan jiwa.

Asyiknya Naik Sampan di Telaga Kumpe

Lebih asyik lagi saat berkabut, suasana eksotis dan romantis siap ikut menyambut. Jangan lewatkan sensasi naik sampan dan menganyuh sendiri. Sobat Turisian bisa sewa sampan di tempat wisata Banyumas ini. Harga sewanya pun sangat terjangkau, hanya 5.000 rupiah per orang.

Sampan yang tersedia juga ada yang berukuran kecil dan besar. Waktu penyewaan sampannya juga tak terbatas bisa sepuasnya, asal tidak sedang ramai pengunjung saja.

Masuk ke kawasan wisata Telaga Kumpe, Sobat Turisian harus bayar tiket masuk sangat murah, hanya 5.000 rupiah per orang. Telaga ini cocok untuk quality time bersama pasangan atau keluarga, pengambilan foto prewedding, atau hanya sekadar ingin melepas penat.

Bagi Sobat Turisian yang takut naik sampan, bisa menikmati pemandangan telaga dari pinggir. Ada jembatan yang bisa dijadikan spot berswafoto yang instagenik. Selain itu, juga ada beberapa gazebo untuk duduk santai dan warung yang menyediakan makanan.

Baca juga: Getuk Goreng Sokoraja, Camilan Manis Legendaris dari Banyumas

Nikmati pula kelezatan mendoan dengan teh atau kopi hangat. Perpaduan makanan itu sangat cocok dengan udara sejuk di sekitar Telaga Kumpe. Makin berkesan aja liburan Sobat Turisian jika datang ke tempat ini.*

Pos terkait