Menanti Sunset yang Memesona di Pantai Tikus Bangka

Pantai Tikus Bangka
Panorama Pantai Tikus Bangka yang memesona. (Foto: Iwan)

TURISIAN.com – Siapa yang liburan di Bangka? Jika Sobat Turisian ada yang lagi libur Lebaran di Bangka, yuk ke Pantai Tikus Bangka. Lanskap pantainya sungguh indah dengan hamparan pasir putih dihiasi batu-batu granit besar. Di sini, Sobat Turisian bisa menikmati suasana yang tenang dan nyaman, pas buat melepas penat dan piknik bersama keluarga.

Nama tikus dari pantai yang berlokasi di Parit Padang, Sungai Liat, Bangka ini, berawal dari sebutan masyarakat. Karena area pantai ini banyak jalan setapak atau biasa disebut jalan tikus untuk menuju bibir pantainya. Menurut masyarakat setempat, konon jalan tikus itu merupakan jalan para penambang gelap untuk membawa timah.

Pantai Tikus pun punya banyak sebutan atau nama. Pertama dikenal juga dengan Pantai Kebun Mangga. Soalnya di sekitar pantai ini memang banyak tumbuh pohon mangga. Sebutan lainnya Pantai Nirwana sebab berada dekat sebuah Puri mirip bangunan Pagoda, namanya Puri Tri Agung. Dari atas tempat bangunan puri berada, keindahan Pantai Tikus pun dapat dinikmati.

Destinasi wisata pantai di Bangka ini berada di antara dua pantai terkenal lainnya dan masih satu garis pantai. Yaitu Pantai Rebo dan Pantai Tikus Emas. Jadi Sobat Turisian bisa sekaligus mengunjungi tiga pantai tersebut.

Daya Tarik Pantai Tikus Bangka

Keindahan alam Pantai Tikus sudah tak diragukan lagi. Kondisi alamnya pun masih jarang terjamah manusia. Berbagai ukuran batu granit yang menghiasi, menambah pesona kecantikan Pantai Tikus.

Baca juga: Yuk Liburan ke Pantai Tanjung Pesona Bangka yang Memesona!

Lebih menarik lagi, untuk menikmati pesona Pantai Tikus, Sobat Turisian bisa menaiki batu granit besar yang banyak terdapat di sana. Dari atas batu itu, dapat puas menikmati panorama pantai sejauh mata memandang. Kapal-kapal besar milik tambang timah di lepas pantai pun jadi objek menarik.

Jangan lupa swafoto dengan latar lanskap pantai yang eksotik dan instagenik. Nah, waktu yang pas ke sini, Sobat Turisian bisa datang saat pagi hari sebelum matahari terbit atau menjelang sore hari untuk mendapatkan momen sunset.

Rute Menuju Pantai Tikus Bangka

Akses menuju Pantai Tikus sangat mudah, walaupun berada di daerah perbukitan. Sobat Turisian dapat berkendara dari Pantai Tajung Pesona menuju arah selatan menyusuri jalan lintas timur dengan jarak tempuh hanya sekitar 10 menit perjalanan.

Sementara jika menggunakan rute dari arah selatan atau arah kota Pangkalpinang, wisatawan dapat menempuh jalan lintas timur yang sekarang sudah sangat mulus. Dari Pangkalpinang, perjalanan menuju ke sana hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit perjalanan.

Baca juga: Bangka Botanical Garden, Metamorfosis Lahan Kritis jadi Wisata Eksotis

Namun untuk kendaraan roda empat atau bus tidak bisa turun ke area pantai. Jadi harus siap berjalan kaki untuk sampai ke area pantai guna menikmati pesona keindahan pantai dari dekat.*

Pos terkait