15 Tempat Kuliner di Bandung Buat Pilihan Saat Liburan Nanti

Tempat Kuliner Bandung
Bakso, jajanan wajib di Kota Bandung.

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang lagi liburan Lebaran di Bandung dan bosan makan opor sama rendang, saatnya berburu kuliner dan jajanan. Banyak tempat kuliner di Bandung yang enak-enak dan wajib Sobat Turisian coba.

Nah di bawah ini ada rekomendasi 15 tempat kuliner di Bandung dengan sajian menu makanan yang lezat dan menggugah selera.

1. Bakso Mantep

Sobat Turisian yang suka makan bakso ukuran jumbo, wajib merapat ke Bakso Mantep ini. Tempat ini menyajikan pilihan menu bakso jumbo isi daging cincang yang dijamin enak dan bikin kenyang, Sob! Bakso di sini juga tanpa pengawet, jadi aman dikonsumsi.

Lokasinya ada di Jalan Cibatu Raya No. 69 Antapani. Buka setiap hari, mulai dari pukul 09.00-22.00 WIB. Kisaran harga satu porsi ini mulai dari Rp25.000-an.

2. Bakso Rusuk Samanhudi Dago

Bergeser ke wilayah Dago Atas, tepatnya di Jalan H. Juanda No. 342, ada Bakso Rusuk Samanhudi Bandung yang mesti Sobat Turisian coba. Di tempat makan ini, tersedia aneka pilihan bakso telur, bakso urat, bakso rudal, sampai bakso mercon.

Lebih mantap lagi, Sobat Turisian juga bisa menambahkan topping yang banyak. Pilihannya, ada dorokrok, pangsit goreng, kerupuk putih atau kerupuk tahu. Harganya masih ok, kisaran Rp30.000. Tempat makan di Bandung ini, buka dari pukul 08.00-13.00 WIB.

3. Bakso Cuanki dan Batagor Serayu

Nah tempat kuliner yang satu ini sudah populer di Bandung, terkenal dengan sebutan Cuanki Serayu. Di sini Sobat Turisian bisa mencicipi kelezatan kompilasi bakso, cuanki, dan batagor dalam satu mangkok. Dengan kuah kaldu bening yang aromanya semerbak dan menyegarkan.

Harganya murah banget, Sobat Turisian! Mulai dari Rp15.000, kalian sudah bisa menikmati bakso ini. Lokasinya berada di Jalan Serayu No. 2 Cihapit dekat kawasan FO Jalan Riau. Buka dari pukul 11.00-19.00 WIB. Cocok untuk dicoba saat libur Lebaran di Bandung bersama sanak saudara.

4. Bakso Kadeudeuh

Ada lagi pilihan kuliner di Bandung saat Lebaran, yaitu Baso Kadeudeuh yang terletak di Jalan Japati dekat Monumen Perjuangan Lebakgede, Coblong. Tak jauh dari Gedung Sate. Kedai bakso ini buka

Bakso Kadeudeuh buka dari pukul 15.00-00.00 WIB. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup mulai dari Rp12.000, bakso ini sudah bisa dinikmati bersama keluarga.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

Pembeda Bakso Kadeudeuh dengan bakso lainnya, di sini tersedia berbagai varian isi. Seperti keju mozzarella, daging cincang, urat, sampai irisan cabai. Sobat Turisian pecinta kuliner pedas segera merapat!

5. Mie Bakso Bungsu Asia Afrika

Masih kuliner bakso di Bandung, ada Mie Bakso Bungsu Asia Afrika kawasan tak jauh dari Alun-Alun Kota Bandung. Tepatnya di Jalan Veteran No. 46 Bandung. Buka setiap hari, mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Menu baksonya pun beragam, ada yang isi babat sapi, usus, lobak, dan dorokdok. Enaknya di sini, Sobat Turisian bisa langsung menikmati minuman yang segar-segar, es sekoteng yang menyegarkan sehabis menyantap bakso.

6. Batagor Haji Isan

Kuliner yang satu ini sudah menjadi khas Kota Bandung, yaitu batagor. Nah penjual batagor yang sudah cukup melegenda ada Batagor Haji Isan. Bahkan cabangnya pun sudah menyebar di Bandung, pusatnya ada di Jalan Bojongloa No. 38A. Lainnya, ada di Antapani, Jalan Margacinta Buahbatu, kawasan Lodaya, dan masih banyak lagi.

Soal harga tak usah khawatir karena sangat terjangkau, per buahnya sekitar Rp2.500-Rp7.000. Bumbunya bisa pilih bumbu kacang untuk yang kering, atau kuah jika ingin batagor yang basah. Tentunya, pasti gurih-gurih makyus. Batagir ini juga bisa Sobat Turisian bawa untuk oleh-oleh.

7. Batagor Riri

Batagor Bandung berikutnya yang juga sudah populer, yakni Batagor Riri. Alamatnya ada di Jalan Burangrang No. 41 Lengkong.

Awas jangan pesan kebanyakan Sobat Turisian, soalnya ukurannya cukup besar dan mengenyangkan. Meski besar, tapi harganya relatif terjangkau, sekitar Rp15.000.

8. Batagor Lecker

Mau coba batagor dengan sensasi lain? Wajib mampir ke Batagor Lecker. Keunikan yang jadi pembeda, yaitu pada bahannya, batagor ini menggunakan bahan rebung.

Selain itu juga bumbunya istimewa dan beda. Di sini menggunakan sambal oncom, cabe rawit dan acar timun. Lokasinya ada di Jalan Sawah Kurung IV No. 3, Regol, dan buka setiap hari dari pukul 09.00-20.00 WIB.

9. Batagor Hanimun

Umumnya batagor memakai bahan campuran ikan tenggiri. Nah kalau Batagor Hanimun beda, pakainya isi udang. Bahannya pun kaya akan rempah-rempah kulitas tinggi.

Baca juga: Berburu Kuliner Lezat di Gang Nikmat Kota Bandung

Tempat kuliner di Bandung ini, menyediakan kemasan frozen yang cocok untuk oleh-oleh. Lokasinya ada di Jalan Ambon sekitar kawasan Riau. Bukanya setiap hari dari pukul 09.00-20.00 WIB.

10. Batagor Haji Darto

Pilihan batagor lain yang wajib Sobat Turisian saat di Bandung, ada Batagor Haji Darto. Harganya hanya Rp16.000 untuk satu porsinya. Pas untuk Sobat Turisian yang sudah bosan dengan makanan khas Lebaran.

Tempat makan ini berlokasi di Jalan H. Juanda No. 202. Buka setiap hari, mulai dari pukul 09.00 WIB.

11. Baso Tahu Shincan

Selain bakso dan batagor, baso tahu atau siomay juga bisa jadi salah satu pilihan kuliner Bandung yang cocok disantap saat libur Lebaran. Ada Baso Tahu Shincan yang enak dan terjangkau untuk Sobat Turisian coba.

Nama kedai kuliner ini cukup unik, adonan siomay pun sekenyal pipi Shincan. Lokasinya ada di Jalan Cikawao No. 43. Buka dari pukul 10.00-18.00 WIB.

12. Siomay Tulen

Siomay Tulen merupakan salah satu baso tahu yang cukup tenar di Bandung. Ada pilihan siomay, tahu, pare, kentang, dan telur rebus yang bisa mengenyangkan.

Rasanya sangat enak dan siomay di sini terasa sekali ikannya. Penasaran dengan kelezatannya? Langsung aja Sobat Turisian datang ke lokasinya di Jalan Batu No. 1.

13. Baso Tahu Mang Ade

Meski hanya dijual di gerobak, tapi Baso Tahu Mang Ade banyak penggemarnya. Tempatnya berada di Jalan Ternate No. 3, biasanya mulai mangkal pukul 10.00 WIB. Dengan harga yang juga sangat terjangkau, per buahnya hanya Rp1.700. Murah banget kan, Sob?

14. Siomay Mitoha

Berburu kuliner saat libur Lebaran di Bandung selanjutnya, bisa berkunjung ke kedai Siomay Mitoha. Sobat Turisian awas ketagihan kalau ke sini. Soalnya siomay di sini maknyus. Kedainya di Jalan Sawah Kurung No. 17 Regol. Buka dari pukul 09.00-20.00 WIB.

15. Baso Tahu Bima

Satu lagi siomay enak di Bandung, yakni Baso Tahu Bima. Ada tiga cabang yang bisa Sobat Turisian kunjungi, salah satunya di Jalan H. Juanda (Dago) No. 197. Buka setiap hari dari pukul 09.00-15.00 WIB.

Baca juga: Tiga Taman di Area Balai Kota Bandung, Cocok Buat Rekreasi Hari Lebaran di Bandung

Tekstur siomay di Baso Tahu Bima ini sangat pas, mulai dari kekenyalan sampai rasa. Ukurannya pun bisa satu kali lahap. Bagi Sobat Turisian yang tidak terlalu suka pedas, bumbu kacangnya sangat bisa ditoleransi untuk lidah dan lambung. Harganya di kisaran Rp3.000 per buah.

Itulah sejumlah rekomendasi kuliner Bandung yang bisa Sobat Turisian coba di masa libur Lebaran di Paris van Java tersebut. Ayo langsung tancap gas saja ke lokasi kuliner di atas ya! Ajak juga keluarga atau teman!.*

 

 

 

Sumber & Foto: Pemkot Bandung

Pos terkait